33 Perusahaan Tawari Pemuda Rembang Lowongan Kerja

Jumat, 23 September 2016 | 09:25 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz mengunjungi salah satu stan penyedia lowongan kerja pada Job Fair yang digelar oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang di Balai Kartini setempat pada 22-23 September 2016. (Foto: Pujianto)

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengunjungi salah satu stan penyedia lowongan kerja pada Job Fair yang digelar oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang di Balai Kartini setempat pada 22-23 September 2016. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sebanyak 33 perusahaan dari berbagai jenis usaha dan daerah menawari pemuda di Kabupaten Rembang bursa lowongan pekerjaan atau job fair di Balai Kartini setempat, 22-23 September 2016.

Penawaran ini langsung disambut oleh ribuan para pencari kerja dari berbagai lulusan pendidikan mulai dari SMP hingga sarjana dengan cara berbondong-bondong melamar bahkan wawancara langsung dengan penyedia lowongan.

Bursa lowongan kerja yang digagas oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang ini diharapkan bisa menyerap 2.000 para pencari kerja, sekaligus menekan tingkat pengangguran terbuka di daerah ini.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan pengentasan pemuda dari pengangguran antara lain dilakukan dengan mendekatkan para pencari kerja dengan penyedia kerja di antaranya melalui job fair.

Menurutnya, setidaknya sudah tiga tahun ini, job fair digelar di Kabupaten Rembang dan terbukti efektif menyerap cukup banyak para pencari kerja, terutama para tuna karya alias pengangguran.

Pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Rembang bekerjasama dengan Plan dan Magistra Utama menyelenggarakan job fair dan pelatihan bagi calon tenaga kerja yang berlangsung selama satu tahun.

Dalam Job Fair kala itu ada sekitar 700 peserta. Kemudian pada tahun 2015 jumlah pesertanya meningkat dua kali lipat hingga mencapai 1.400 peserta, sedangkan untuk tahun ini diharapkan bisa mencapai 2.000 peserta.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan job fair ini dengan mendaftar sesuai dengan lowongan pekerjaan yang cocok dengan karakter ataupun kemampuan yang dimiliki,” ujarnya seusai membuka job fair tersebut, Kamis (22/9/2016).

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rembang Waluyo optimistis bursa lowongan kerja ini akan mampu mengurangi kesenjangan antara angkatan kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang, jumlah angkatan kerja di daerah ini sebanyak 320.584 orang, sedangkan jumlah pengangguran terbuka mencapai 14.474 orang atau 4,51 persen.

“Harapan kami ada pemerataan kesempatan kerja dan menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Rembang. Mereka tidak perlu jauh-jauh untuk memasukkan lamaran kerja dan bisa memilih mana lowongan yang diinginkan serta sesuai keterampilan mereka,” katanya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan