3 TPI Rusak Diterjang Angin Segera Diperbaiki

Selasa, 26 Januari 2016 | 18:01 WIB
Kondisi atap TPI I Tasikagung yang tersingkap akibat angin kencang, Senin (25/1/2016) siang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

Kondisi atap TPI I Tasikagung yang tersingkap akibat angin kencang, Senin (25/1/2016) siang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tiga tempat pelelangan ikan (TPI) rusak akibat diterjang angin kencang masing-masing pada Minggu (24/1/2016) dan Senin (25/1/2016) kemarin akan segera diperbaiki oleh pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Rembang.

Kepala Dinlutkan Rembang Suparman kepada reporter mataairradio, Selasa (26/1/2016) pagi menyebutkan, 3 TPI yang rusak adalah TPI Pandangan serta TPI I dan II Tasikagung.

“Perbaikan akan dilakukan setelah kami terlebih dahulu membuat laporan ke Pj Bupati Rembang,” terangnya kepada reporter mataairradio.

Saat ini, yang dilakukan pihaknya masih sebatas mendata jenis kerusakan yang timbul. Khusus TPI Pandangan-Kragan proses perbaikan bisa dimulai dalam waktu dekat, karena memang ada anggaran perbaikan TPI tersebut pada tahun ini.

“Kalau untuk TPI Tasikagung menunggu petunjuk Bupati. Kami akan jelaskan kemampuan dinas dan apakah akan ada tambahan anggaran setelah ada bencana itu,” tandasnya.

Sementara itu, akibat kerusakan cukup parah pada TPI I Tasikagung atau TPI baru di bagian utara pelabuhan pendaratan ikan, aktivitas pelelangan tidak diliburkan.

Namun karena tidak satupun kapal yang sandar di pelabuhan untuk bongkar ikan hasil tangkapan, maka tidak ada pelelangan.

Kepala TPI I Tasikagung Tukimin menjelaskan, aktivitas pelelangan akan ditempatkan di sisi barat bagian utara, yang atapnya masih utuh.

“Sisa ruang itu, cukup untuk mengkaver aktivitas pelelangan di musim baratan karena atap yang gentingnya rontok hanya sekitar 40 persen,” kata dia.

Namun jika sampai membeludak, maka pelelangan bisa bergeser sedikit ke selatan, di bawah bangunan atap genting asbes yang rontok. Syaratnya, harus sedang tidak hujan.

“Selasa (26/1/2016) pagi, kami sudah membersihkan TPI dari reruntuhan asbes,” tegasnya.

Secara terpisah, akibat kerusakan atap sisi timur bagian utara dari TPI II Tasikagung aktivitas pelelangan masih berlangsung seperti biasanya. Kepala TPI II Tasikagung Ulil Huda menyebut kerusakan hanya pada atap yang tersingkap, sehingga tidak mengganggu pelelangan.

“Tetap lelang seperti biasa. Ada 14 kapal yang melelang ikan hasil tangkapan di TPI pada Selasa (26/1/2016) ini,” ujarnya.

Terkait kerusakan TPI setelah terjangan angin kencang, sudah dilaporkannya kepada UPT TPI Tasikagung guna diteruskan kepada pihak dinas kelautan dan perikanan setempat.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan