26 PPS Terpilih Pilgup Tak Hadiri Pelantikan

Senin, 27 November 2017 | 13:52 WIB

Pelantikan PPS Pilgub Jateng 2018 di Kecamatan Pancur, Ahad (26/11/2017). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sebanyak 26 panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pilgub Jateng 2018 terpantau tidak menghadiri pelantikan yang digelar secara serentak di tiap kecamatan pada Ahad (26/11/2017) kemarin.

Mereka yang absen dari pelantikan tersebar di Kecamatan Rembang, Sarang, Pancur, Gunem, Sluke, dan Kragan. PPS terbanyak absen terdapat di Kecamatan Kragan dengan 13 orang, dan disusul dari Kecamatan Sarang tujuh orang.

Selebihnya Kecamatan Rembang dan Pancur masing-masing dua orang, serta Kecamatan Gunem dan Sluke masing-masing satu orang.

Koordinator pada Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar-Lembaga pada Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Rembang M Dhofarul Muttaqiin mengungkapkan, PPS yang absen kebanyakan sedang berada di luar kota saat pelantikan.

Menurutnya, komisi pemilihan umum (KPU) melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK) dapat memberikan pemberitahuan lebih awal kepada PPS terpilih mengenai jadwal pelantikan.

“Apalagi, berdasarkan surat dari KPU Jawa Tengah tertanggal 20 November, pelantikan PPS telah ditentukan pada tanggal 26 November 2017,” katanya.

Atas kejadian ini, Panwaslih Kabupaten Rembang mengimbau KPU agar segera melaksanakan pelantikan susulan PPS terpilih.

Muttaqiin menyarankan agar pelantikan susulan PPS terpilih dilaksanakan secara serentak oleh KPU, misalnya di Kantor KPU Kabupaten Rembang.

“Kami mengingatkan kepada KPU agar pelantikan susulan PPS terpilih dilakukan secepatnya supaya tidak mengganggu tahapan Pilgub,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Rembang Adib Ulinnuha mengatakan, pihaknya menunggu petunjuk dari KPU Jawa Tengah mengenai pelantikan susulan bagi PPS terpilih.

“Semua kabupaten/kota se-Jawa Tengah mengalami adanya PPS terpilih yang absen saat pelantikan,” ujarnya.

Namun ia optimistis pelantikan susulan itu akan dilaksanakan dalam tempo segera.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan