2020 SMA dan SMK Negeri Bebas SPP

Rabu, 8 Januari 2020 | 11:40 WIB

Ilustrasi (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Kabar menggembirakan bagi para orang tua ataupun pelajar dari SMA dan SMK Negeri se-Jawa Tengah, pasalnya mulai Januari 2020 para pelajar dibebaskan dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng nomor 420/2020 tertanggal 2 Januari 2020.

Sunardi, Kepala Sekolah SMKN 1 Rembang membenarkan informasi tersebut. Pasca mendapatkan surat edaran itu pihaknya langsung mengumpulkan komite sekolah dan wali murid untuk sosialisasi bahwa mulai Januari 2020 SPP di gratiskan.

Bagi siswa yang terlanjur melunasi SPP Januari atau setelahnya, maka pihak sekolah akan mengembalikannya. Besaran SPP sendiri sebelum keluarnya surat edaran rata-rata Rp75 ribu per bulan untuk seluruh Jawa Tengah.

Namun demikian, pembebasan iuran hanya untuk SPP saja, karena dalam surat edaran pihak sekolah masih diperbolehkan untuk memungut sumbangan pengembangan institusi (SPI) seperti uang gedung atau kegiatan pengembangan lainnya dengan syarat sukarela sesuai kesepakatan antara komite sekolah dengan wali murid.

“Kalau menarik SPI masih boleh mas sesuai Surat Edaran tersebut dengan syarat sukarela, nanti yang ngomong besarannya berapa dari pihak komite dan disepakati oleh wali murid,” ungkapnya.

Mardi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) setempat saat dikonfirmasi reporter mataairradio.com pada Rabu (8/1/2020) pagi membenarkan informasi pembebasan SPP di SMA dan SMK Negeri. Namun pihaknya tidak mau berkomentar atas kebijakan tersebut sebab SMK/SMA menjadi ranah Dinas Pendidikan Provinsi.

“Ya Mas, informasi tersebut benar. Tapi kebijakan itu ranahnya Dinas Pendidikan Provinsi. Jadi kita tidak berani komentar apa-apa,” pungkasnya.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan