170 BPD Terpilih Dilantik, Bupati Ingatkan Kedudukannya Sejajar dengan Kades

Selasa, 4 Februari 2020 | 09:57 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memberikan sambutan ada pelantikan 170 BPD di pendopo kantor Kecamatan Pancur pada Senin (3/2/2019) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

PANCUR, mataairradio.com – Sebanyak 170 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih di tiga Kecamatan yaitu Pancur, Kragan, dan Sedan dilantik oleh Bupati Rembang di pendopo kantor Kecamatan Pancur pada Senin (3/2/2019) pagi tepatnya pukul 09.00 waktu setempat.

Dalam sambutannya Bupati Rembang Abdul Hafidz mengingatkan bahwa kepala desa (Kades) dan BPD mempunyai tugas yang berbeda namun mempunyai kedudukan yang sejajar. Kades sebagai eksekutif sedangkan BPD sebagai legislatif di tingkat desa.

“Perlu saya ingatkan di sini, bahwa kades dan BPD itu mempunyai kedudukan yang sejajar, dan saya harapkan bisa bersinergi membangun desa bersama-sama. jangan saling bertengkar dan ancam-ancaman,” ungkapnya.

Hafidz menegaskan bahwa tugas pokok dan fungsi BPD ada tiga hal yaitu membahas dan menetapkan peraturan desa (Perdes), menjaring aspirasi masyarakat, dan melakukan pengawasn terhadap kinerja Kades beserta perangkatnya.

Selain itu sinergi antara Kades dan BPD bisa memajukan desa menjadi lebih baik. Dirinya mengklaim bahwa pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) di Rembang meningkat apalagi nanti kemandirian ekonomi dimulai dar basis desa.

Walaupun ada beberapa kekurangan yang diakui seperti pembangunan jalan, Bupati siap membenahinya.

“Tugas BPD ada tiga yaitu menetapkan Perdes, menjaring aspirasi, dan pengawasan. Tapi saya ingatkan harus akur dengan Kades agar di desa bisa harmonis dan sama-sama bangun desa,” pungkasnya.

Zimmatut Diyanah, BPD terpilih asal Desa Tuyuhan Kecamatan pancur mengaku akan bekerja keras atas amanah yang diberikan oleh warga Tuyuhan. Dirinya merupakan wakil perempuan dan akan memperjuangkan aspirasi dari golongan perempuan.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan