120 Penerbit Digandeng untuk Dongkrak Minat Baca di Rembang

Rabu, 28 Maret 2018 | 19:08 WIB

Suasana Semarak Pesta Buku 2018 di Balai Kartini Rembang, Rabu (28/3/2018). (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – 120 penerbit buku dari berbagai daerah digandeng oleh Pemerintah Kabupaten Rembang antara lain untuk mendongkrak minat baca masyarakat di daerah ini melalui acara “Semarak Pesta Buku” 2018.

Kepala Seksi Layanan, Pembinaan, dan Pengembangan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rembang Yazid Aris Khoiron mengatakan, pihaknya ingin memacu budaya literasi masyarakat di wilayah ini.

Salah satu caranya, menurut Yazid, dengan mendekatkan penerbit dan penjual buku dengan warga Rembang pada 27 Maret hingga 2 April nanti. Sasarannya tidak hanya anak usia sekolah, tetapi juga masyarakat di seluruh lapisan.

“Literasi masyarakat sedang kita kembangkan. Kami menyikapinya dengan menggelar Semarak Pesta Buku 2018 agar masyarakat lebih dekat dan lebih mudah mengakses buku,” katanya.

Acara “Semarak Pesta Buku” digelar di Balai Kartini, pada bilangan Jalan Diponegoro, timur Kantor Bupati Rembang. Dalam dua hari ini, pihaknya masih belum bisa memetakan pengaruh pameran buku ini terhadap minat baca.

Menurutnya, animo pengunjung dan jumlah buku yang terjual, baru akan bisa diketahui pada akhir acara melalui kupon undian yang dibagikan. Sejauh ini, banyak pelajar yang datang guna wisata buku pada acara ini.

“Sekolah kita undang untuk mengajak muridnya ke pesta buku. Kita bikin kuis dan kita berikan hadiah,” katanya.

Yazid berharap kepada masyarakat Kabupaten Rembang supaya memanfaatkan pameran ini. Apalagi, saat sekarang, adalah masa menjelang ujian dan tidak lama lagi datang tahun ajaran baru, sehingga strategis jika ada pameran buku.

Ainun Najib, warga Dukuh Glanggang Desa Pamotan Kecamatan Pamotan mengaku senang karena dengan adanya pameran semacam itu, dirinya bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan di toko lokal.

Ia menyatakan mendapatkan buku dengan harga Rp10.000-Rp15.000 pada pameran ini, yang di toko lokal harganya sampai Rp30.000 untuk judul buku yang sama. Ia berharap, di Rembang sering ada pameran buku dengan aneka pilihan.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan