10 Hektare Kebun Tebu Siap Panen Terbakar

Senin, 8 Juni 2015 | 20:04 WIB
Petugas pemadam kebakaran menyisir lokasi kebakaran di kebun tebu milik warga di Dusun Ngrondo Desa Turusgede Kecamatan Rembang, Senin (8/6/2015) siang. (Foto: Pujianto)

Petugas pemadam kebakaran menyisir lokasi kebakaran di kebun tebu milik warga di Dusun Ngrondo Desa Turusgede Kecamatan Rembang, Senin (8/6/2015) siang. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Sekitar 10 hektare kebun tebu siap panen di lahan milik Hartono warga Dusun Ngrondo Desa Turusgede Kecamatan Rembang, terbakar, Senin (8/6/2015) siang sekitar pukul 13.15 WIB.

Kebakaran itu seketika membuat panik warga, karena jarak kebun dengan permukiman padat penduduk, cukup dekat. Apalagi, cuaca kala itu cukup terik, ditambah dengan serasah dedaunan, yang rentan terbakar.

Warga yang panik berusaha mengantisipasi api agar tak merembet dengan bersiaga, sedangkan warga yang lain mengontak regu pemadam kebakaran. Pada sekitar pukul 13.30 WIB, regu pemadam datang dengan dua damkar dan empat tangki air.

Kepala Desa Turusgede Didik Teguh Santoso mengatakan, lahan tebu tersebut digarap dengan sistem sewa oleh beberapa petani, yang tidak dia ketahui secara persis identitasnya.

“Lahannya Pak Hartono, tetapi digarap banyak orang. Ada yang dari Rembang, tetapi ada juga dari Pati. Tebu ini sudah siap panen,” tuturnya kepada awak media di lokasi kejadian.

Belum diketahui secara pasti, penyebab kebakaran di kebun tebu, sebelah utara dusun tersebut. Tetapi, gumam di tingkat warga menyebutkan, kebun itu diduga terbakar akibat pembuangan puntung rokok secara sembarangan.

Januri, salah seorang etugas pemadam kebakaran mengaku kesulitan menjinakan api di lahan tebu, karena cukup luas. Apalagi, ketika pemadaman, angin bertiup cukup kencang.

“Luas sekali lahannya, jadi kami mesti ekstra melakukan pemadaman, termasuk berusaha masuk di tengah kebun,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemadaman secara intensif, termasuk dengan menambah panjang selang hingga 30 meter, si jago merah berhasil dijinakkan sekitar pukul 15.30 WIB.

Pihak Polsek Rembang, hingga Senin (8/6/2015) petang, masih menyelidiki penyebab kebakaran kebun tebu yang merugikan secara materi hingga puluhan juta rupiah tersebut.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan