10 Desa di Rembang Mulai Dikaver Bantuan Air

Rabu, 15 Juli 2015 | 16:13 WIB
Ilustrasi bantuan air untuk korban bencana kekeringan di Kabupaten Rembang. (Foto: mataairradio.com)

Ilustrasi bantuan air untuk korban bencana kekeringan di Kabupaten Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataaairradio.com – 10 dari 15 desa di Kabupaten Rembang yang mengalami kekeringan sudah mulai dikaver bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Bantuan digelontorkan mulai 6 Juli ke empat kecamatan yang kekeringan di antaranya Sulang dan Bulu.

Rabu (15/7/2015) ini, BPBD kembali menyalurkan lima tangki bantuan air bersih untuk satu desa di Kecamatan Sale dan empat desa di Kecamatan Sumber. Menurut Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan BPBD Rembang Ahmad Makruf, sepanjang bulan ini, pihaknya akan menyalurkan 58 tangki bantuan air.

“Hari ini, kita mengedrop di Desa Bitingan Kecamatan Sale dan Desa Sumber, Kedungtulup, Polbayem, dan Bogorejo Kecamatan Sumber. Total ada lima tangki yang kita salurkan hari ini,” katanya.

BPBD mencatat, selama 10 hari ini, bantuan air bersih yang sudah disalurkan sebanyak 23 tangki. Menurut Makruf, belum ada tambahan desa yang ikut usul bantuan air bersih. Meskipun tidak mengusulkan, tim dari BPBD mengaku tetap rajin turun mengecek kondisi lapangan.

Desa-desa yang belum mengusulkan bantuan air bersih umumnya karena punya pamsimas, sumur desa, dan embung desanya masih bisa dimanfaatkan. 10 desa di Kecamatan Sumber yang sudah minta bantuan saja, hanya empat desa yang mendesak dikaver, sedangkan sisanya akan disaluri di bulan Agustus.

“Sejauh ini, sejak tanggal 6 Juli, sudah ada 23 tangki yang kita salurkan. Yang minta bantuan masih sama 15 desa di empat kecamatan. Tetapi 10 desa yang di Kecamatan Sumber, baru empat yang kami kaver. Sisanya mungkin baru kita kaver Agustus,” tandasnya.

Pihak BPBD menyatakan masih akan tetap menyalurkan bantuan air bersih di masa cuti Lebaran, yakni tanggal 16, 20, dan 21 Juli nanti. Tetapi selama libur Lebaran atau pada 17 dan 18 Juli, BPBD memberikan kesempatan kepada petugas penyalur bantuan, untuk berhari raya bersama keluarga.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan