Warga Resah Talut Sungai Babagan Ambrol Belum Diperbaiki

Selasa, 9 Januari 2018 | 17:09 WIB

Warga Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem resah karena talut Sungai Babagan yang ambrol pada 9 Desember 2017 lalu, belum diperbaiki, setidaknya hingga Selasa (9/1/2018) ini. (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

LASEM, mataairradio.com – Warga Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem resah karena talut Sungai Babagan yang ambrol pada 9 Desember 2017 lalu, belum diperbaiki, setidaknya hingga Selasa (9/1/2018) ini.

Syahid, warga setempat mengatakan, jika talut yang ambrol itu tidak segera diperbaiki, maka akses untuk kendaraan beroda empat, akan terus terganggu. Pasalnya, talut yang ambrol juga memakan badan jalan.

Warga, menurutnya, sudah iuran untuk membeli lampu penerangan jalan, untuk menghindari pengguna jalan terperosok pada malam hari. Ia berharap, talut yang ambrol segera diperbaiki, agar warga aman melintas.

“Kalau dibiarkan ya bahaya. Kalau hujan deras terus, malah habis talutnya,” katanya kepada mataairradio.

Suprianto, Ketua RT setempat menambahkan, talut yang ambrol itu, belum lama dibangun karena baru berusia empat bulan. Talut yang ambrol sepanjang 50-an meter itu dibangun dengan dana Rp200 juta.

Sejak ambrol diduga karena pergeseran tanah sehingga membuat putus pipa PDAM, pihak badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan Inpektorat sudah sempat melakukan tinjauan pada Senin (8/1/2018) kemarin.

“Ambrol itu karena tanah gerak, sehingga pipa PDAM putus. Kalau nggak karena itu, ambrolnya tidak akan separah itu,” katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Rembang Pramujo membenarkan, pihaknya sudah meninjau lokasi talut yang ambrol bersama pihak Inspektorat.

Namun ia belum bisa memastikan penyebab utama ambrolnya talut. Tim teknis dari BPBD dan Inspektorat masih mengkajinya.

Pihaknya juga sudah bertemu dengan pihak pelaksana proyek untuk membahas perbaikan talut. Mengingat umur proyek tersebut belum ada enam bulan atau masih di masa pemeliharaan.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan