Warga Rembang Bakal Diswab Massal

Jumat, 6 November 2020 | 14:01 WIB

Ilustrasi. (Foto: Sonora.id)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berencana mengadakan tes PCR atau Swab untuk mendeteksi penyebaran covid-19 secara massal.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur pada Kamis (5/11/2020) siang di Kantor Bupati setempat.

Rencananya pelaksanaan akan diserahkan kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Rembang. Teknisnya pihak Dinkes akan menyasar setidaknya lima sampai tujuh orang per desa.

“Untuk swab kita lakukan setiap hari untuk usia rentan dan yang punya penyakit yang komorbid-komorbid itu, kita upayakan untuk diswab. Targetnya sih 1 desa 5 sampai 7 orang untuk diswab. Cuman ini, belum memenuhi target itu,” Ungkapnya.

Imam Maskur menambahkan selain rencana tes swab massal, pihak KPU Rembang juga bekerjasama dengan Dinkes setempat menggelar rapid tes untuk penyelenggara Pilkada mulai dari tingkat PPK hingga KPPS.

Jumlah alat rapid-test yang disediakan sebanyak 14 ribu. Dengan demikian Rembang setidaknya mempunyai gambaran dan mampu memetakan kondisi terakhir penyebaran Covid-19.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang per 5 November 2020, penderita Covid-19 yang masih dirawat sebanyak 24 orang, Suspect 412 orang, sembuh 699 orang, meninggal 64 orang dan konfirmasi positif 798 orang.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan