Tunggakan Pajak Rp21 Miliar, Samsat Rembang Gelar Undian

Selasa, 12 April 2016 | 15:00 WIB
Flyer undian hadiah yang diedarkan Samsat Rembang sebagai salah satu upaya menekan tingkat tunggakan pajak kendaraan bermotor di kabupaten ini. (Foto: Pujianto)

Flyer undian hadiah yang diedarkan Samsat Rembang sebagai salah satu upaya menekan tingkat tunggakan pajak kendaraan bermotor di kabupaten ini. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) atau yang dikenal sebagai Samsat Rembang mencatat tunggakan pajak kendaraan hingga mencapai Rp21 miliar atau sebanyak 23.816 objek.

“Tunggakan kita itu, catatan sampai akhir Desember 2015. Kebanyakan yang menunggak pajak adalah kendaraan beroda dua. Roda empat hanya 5 sampai 10 persen yang menunggak pajak,” beber Kepala UP3AD Rembang Njoto Legowo pada sebuah kesempatan, baru-baru ini.

Menurutnya, tingkat objek kendaraan yang menunggak pajak dan nilai tunggakannya itu, lumayan besar, sehingga diperlukan langkah strategis guna menekannya, seperti melakukan penagihan secara langsung.

“Kami lakukan penagihan via surat, door to door ke masing-masing penunggak. Kita juga data, apakah kendaraannya sudah dijual atau kini sudah dongkrok,” terangnya kepada reporter mataairradio.

Ia juga mengungkapkan, tunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor antara lain terjadi akibat lesunya perekonomian yang berdampak pada kemampuan masyarakat membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).

“Laju perekonomian kita tahun lalu diharapkan mencapai 6 persen, tapi hanya 4,7 persen saja yang tercapai. Ini berdampak pada kemampuan dari wajib pajak untuk membayar PKB-nya,” tandasnya.

Selain mendatangi atau berkirim surat tagihan kepada masing-masing penunggak pajak, Njoto menyebutkan, pihaknya berusaha merangsang para wajib pajak dengan menggelar undian sebagai reward.

“Oya kita berikan juga reward, bagi wajib pajak yang membayar pajaknya pada tahun 2016. Berlaku sejak 2 Januari hingga 31 Desember 2016. Berlaku tidak hanya bagi yang menunggak, tetapi juga semua wajib pajak,” sebutnya.

Reward itu, menurutnya, berupa hadiah yang diundi dua kali masing-masing pada Juli 2016 dan Januari 2017, dengan memasukkan fotokopi bukti pembayaran pajak berikut fotokopi KTP yang dibubuhi nomor kontak ponsel, ke kotak yang tersedia di Kantor Samsat Rembang.

“Untuk hadiah yang diundi pada Juli 2016, sekupnya lokal Rembang. Hadiahnya seperti kompor gas dan magic jar. Tapi yang diundi Januari 2017 ada hadiah utama 1 unit Toyota Avanza dan 6 unit sepeda motor. Hanya saja sekupnya Jawa Tengah. Jadi diundi dua kali dan bisa dapat dua kali,” kata ia.

Njoto menegaskan, pemberian reward melalui hadiah semacam itu diharapkan bisa menekan tingkat tunggakan hingga 30 persen, sehingga jumlah pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor akan bisa meningkat.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan