Triwulan Pertama, Paket Pekerjaan Terserap Minim di Rembang

Jumat, 30 Maret 2018 | 17:24 WIB

Tampilan LPSE Pemkab Rembang sebagaimana cetak layar pada Jumat (30/3/2018) siang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Paket pekerjaan konstruksi, pengadaan barang, dan jasa konsultansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang terserap minim hingga akhir triwulan pertama 2018. Dari total 119 paket, baru satu paket yang tayang lelang.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan yang sekaligus Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto mengatakan, satu paket pekerjaan yang kini tayang lelang adalah pengadaan jasa tenaga alih daya (outsourcing) kebersihan.

Selain paket pekerjaan tersebut, baru 11 paket yang kini dalam proses persiapan penyiapan dokumen pengadaan, sehingga akan menyusul tayang lelang pada pekan depan. Ia berharap dua bulan ke depan, separuh dari total paket, akan terlelang.

“Harapan kami April-Mei ini, separuh dari total paket pekerjaan kita, bisa terlelang guna mengurangi pembebanan (penyerapan) anggaran di akhir tahun seperti pada tahun sebelumnya,” terangnya.

Agus Iwan yang dihubungi mataairradio pada Jumat (30/3/2018) siang mengakui, tingkat serapan paket pekerjaan hingga triwulan pertama 2018, tidak ideal. Seharusnya, pada triwulan pertama, ada 20 persen paket pekerjaan yang terlelang.

Menurutnya, ada beberapa kendala sehingga tingkat serapan paket pekerjaan rendah. Di antaranya kesiapan lembaga pengadaan dan Perbup tentang Harga Satuan Pekerjaan yang baru terbit pada awal Maret, sehingga perlu review perencanaan.

“Di triwulan kedua nanti, kalau ada langkah percepatan, target penyerapan anggaran secara keseluruhan, tidak terganggu. Di triwulan pertama ini, bukan tidak ada serapan, tetapi memang hanya terhadap pekerjaan dengan penunjukan langsung dan e-katalog,” tandasnya.

Kepala ULP menambahkan, total anggaran untuk 119 paket itu mencapai Rp300 miliar lebih. Rinciannya, 80 persen pekerjaan konstruksi, sedangkan selebihnya merupakan pengadaan barang dan jasa konsultansi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan