Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Rembang Gelar Jelajah Literasi

Rabu, 31 Juli 2019 | 20:53 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar agenda jelajah literasi yang dimulai Selasa (30/7/2019) kemarin sampai tanggal 28 Agustus 2019 mendatang. (Foto: mataairradio.com)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar agenda jelajah literasi yang dimulai Selasa (30/7/2019) kemarin sampai tanggal 28 Agustus 2019 mendatang. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Dalam rangka meningkatkan minat baca generasi muda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar agenda jelajah literasi.

Bentuk kegiatannya adalah keliling ke berbagai sekolahan tingkat sekolah menengah atas (SMA) di 14 Kecamatan Se-Kabupaten Rembang.

Dalam acara tersebut, generasi muda disosialisasi tentang pentingnya membaca sebagai bekal menghadapi tuntutan zaman.

Selain sosialisasi, acara juga diisi dengan berbagai kesenian dan kuis. Bagi pelajar yang mampu menjawab pertanyaan diberi hadiah nerupa buku.

Yazid Aris Khoiron Kepala Seksi Layanan, Pembinaan, dan Pengembangan Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat menyatakan agenda itu dimulai Selasa (30/7/2019) kemarin sampai tanggal 28 Agustus 2019 mendatang.

“Lokasi pembukaan di SMA N 1 Pamotan dan akan bergilir ke SMA-SMA di kecamatan lain. Agenda ini bertujuan agar minat baca khususnya kaum millenial meningkat Mas,” ungkapnya.

Dirinya menganggap, jika generasi muda menyukai literasi maka ke depan bangsa akan lebih baik, karena otak para pemuda diisi dengan berbagai macam pengetahuan.

Yazid menyayangkan, akhir-akhir ini banyak generasi muda yang terlalu kecanduan gawai (gadget) yang isinya berbagai macam permainan (game online).

Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut dihadirkan berbagai narasumber yang kompeten, salah satunya dari jurnalis yang memberikan materi tentang kepenulisan.

“Harapannya generasi muda bisa melek informasi dan mempunyai bekal pengetahuan yang cukup,” pungkasnya.

Pihaknya sendiri berencana untuk segera launching perpustakaan digital agar generasi muda yang akrab dengan gawai bisa lebih mudah mengakses buku-buku literasi. Rencananya perpustakaan digital akan diluncurkan pada akhir Agustus 2019.

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan