Tingkat Partisipasi Pemilih Pilgub Meleset dari Target

Rabu, 27 Juni 2018 | 18:29 WIB

Seorang pemilih hendak menggunakan hak suaranya di salah satu TPS di Desa Grawan Kecamatan Sumber pada Pilgub Jateng, Rabu 27 Juni 2018. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Rembang hampir pasti meleset dari target yang ditentukan oleh KPU RI sebesar 77,5 persen.

KPU setempat mengasumsikan tingkat partisipasi pemilih sebesar 60 persen. Angka pasti tingkat partisipasi baru akan diketahui saat rekapitulasi hasil Pilgub 2018 di tingkat kabupaten, 4 Juli nanti.

Meskipun meleset dari target KPU RI, Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud meyakini, tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 akan melampaui capaian partisipasi di Pilgub 2013.

“Tingkat partisipasi secara resmi baru akan bisa ketahui 4 Juli nanti. Kalau asumsi sih 60 persen, tapi kan nggak bisa dipakai dasar,” katanya kepada mataairradio.

Suud mengatakan, tidak ada hitung cepat yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Rembang. Menurutnya, yang ada adalah laporan secara cepat formulir yang memuat perolehan dan sertifikat perolehan suara.

“Pindaian formulir model C 1 KWK ini diterima oleh KPU sejak pukul 15.00. Sekitar pukul 20.00, kiriman data pindaian model C, masuk 100 persen. Setelah itu, per 28 Juni ini, rekapitulasi digelar di tiap PPK,” katanya.

Setelah rekapitulasi di tingkat PPK, KPU akan melakukan sinkronisasi hasil pemungutan suara Pilgub dari tingkat kecamatan pada 28 Juni-3 Juli 2018.

“Tanggal 4 Juli-nya, digelar rekapitulasi di tingkat kabupaten,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hitung cepat atas hasil pemungutan suara Pilgub Jateng 2018, sebagaimana dilansir oleh media dan sejumlah lembaga survei, pasangan Ganjar-Yasin unggul atas Sudirman-Ida.

Di Kabupaten Rembang, berdasarkan pantauan mataairradio di sejumlah TPS, Pilgub mengetengahkan hasil yang sama, menang Ganjar-Yasin. Namun pasangan ini, gagal menang di seluruh TPS.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan