Tinggal Empat Hari, Capaian Coklit Data Pemilih 88 Persen

Rabu, 14 Februari 2018 | 17:23 WIB

Seorang petugas pemutakhiran data pemilih menempelkan stiker terdaftar sebagai pemilih di kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri pada 20 Januari 2018. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Rembang baru mencapai 88 persen.

Padahal, masa Coklit yang dimulai pada 20 Januari 2018 berakhir empat hari lagi atau pada Ahad 18 Februari mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Nurul Muasiroh, Rabu (14/2/2018) siang mengatakan, beberapa desa memang sudah mencapai Coklit 100 persen.

“Namun secara kecamatan, apabila dijumlah, capaiannya 88 persen. Paling tinggi di Bulu, 95 persen,” katyanya.

Meski demikian, terhadap yang sudah mencapai Coklit 100 persen, petugas pemutakhiran data pemilih agar tetap bergerak.

“Bila ternyata ada data pemilih yang meninggal di masa setelah capaian Coklit disampaikan, PPDP tetap harus laporan,” katanya.

Nurul juga mengatakan, capaian Coklit yang terbilang lamban adalah Kecamatan Rembang karena masih 83 persen. Kendala yang masih muncul di antaranya terkait dengan data pemilih yang sulit ditemui.

“Misalnya sekeluarga merantau ke luar kota,” bebernya.

Dalam kondisi seperti ini, menurutnya, PPDP sulit memintakan tanda tangan untuk penempelan stiker dan penyampaian tanda bukti terdaftar.

Terhadap yang demikian, Nurul mengaku sudah memberikan saran kepada PPDP.

“Sebisanya PPDP agar meminta kontak keluarga dekat yang bisa dihubungi. Jika tidak, agar menghubungi RT atau RW untuk mengecek status kependudukannya,” katanya.

Ia menegaskan, sesuai petunjuk dari KPU Jawa Tengah, data pemilih yang tidak bisa ditemui, dibiarkan atau tidak dicoret.

Sementara itu, hingga sepuluh hari kedua masa Coklit, jumlah data pemilih yang tidak memenuhi syarat sudah 27.610 orang.

Tiga teratas adalah pemilih meninggal dunia 11.554 orang, pindah domisili 9.295 orang, dan ganda 4.048 orang.

Dari Coklit ini juga sudah tercatat 14.000-an pemilih pemula. Secara keseluruhan, jumlah data pemilih yang sudah ter-Coklit sebanyak 436.846 orang.

KPU menyatakan telah melakukan monitoring kinerja PPDP, Senin (12/2/2018) dan Selasa (13/2/2018) kemarin.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan