Tiga Pasar di Sumber Tutup Gara-gara Seorang Pedagang Positif Corona

Jumat, 13 November 2020 | 20:54 WIB

Warga terlihat ada yang mengenakan masker dan ada yang tidak mengenakan masker saat mengunjungi Pasar Sumber, pada Jumat (13/11/2020). (Foto: mataairradio.com)

 

SUMBER, mataairradio.com – Tiga pasar di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang ditutup mulai Sabtu (14/11/2020) besok. Penyebabnya ada seorang pedagang pasar yang terjangkit virus corona atau Covid-19.

Selain itu, satu warga yang sering berbelanja di Pasar Sumber meninggal dunia dengan status positif Covid-19 dan menular ke anaknya, sehingga yang bersangkutan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Tiga Pasar di Kecamatan Sumber yang ditutup adalah Pasar Krikilan, Pasar Kedungasem, dan Pasar Sumber.

Sebelum, seorang pedagang ikan di pasar terdeteksi positif Covid-19, oleh Gugus Tugas Kecamatan Sumber yang aktif melakukan tes PCR kepada warga Kecamatan Sumber. Terutama bagi masyarakat yang rentan. Dari upaya itu ditemukan 12 warga yang terpapar corona.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur mengatakan, status Pasar Sumber belum bisa dikatakan menjadi klaster Covid-19, namun berpotensi menjadi klaster.

Upaya penutupan pasar-pasar di Kecamatan Sumber, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

“Yang terkonfirmasi positif itu ada 10. Yang 7 di rumah sakit, yang tiga diisolasi mandiri. Kalau yang meninggal dunia itu dua. Berarti ada 12. Yang dua ini, satunya meninggal dunianya itu orang yang jual di pasar (Pedagang), tetapi memang sudah punya penyakit satu bulan sebelumnya sudah sakit-sakitan. Yang satunya tapi bukan pedagang di pasar,” terangnya.

Imam Maskur menambahkan, penutupan tiga pasar tersebut juga dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 dari kabupaten tetangga. Pasalnya sejumlah pasar di kabupaten Pati juga ditutup karena adanya kasus covid-19.

Ia meminta data pedagang pasar di Sumber, pasalnya ada 30 persen pedagangnya berasal dari Kabupaten Pati.

Rencananya Pemkab Rembang akan berkoordinasi dengan Pemkab Pati untuk masalah “tracking” pedagang yang merupakan warga Pati.

“Hari ini ada 50 pedagang pasar sumber yang diswab. Sementara total pedagang di pasar Sumber ada sekitar 200 orang,” imbuhnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan