Tiga Parpol di Rembang belum Memenuhi Syarat

Thursday, 16 November 2017 | 22:15 WIB

Logo KPU.

REMBANG, mataairradio.com – Tiga dari 13 partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang belum memenuhi syarat.

Hal ini terungkap dari hasil penelitian administrasi Parpol yang diserahkan kepada partai politik calon peserta Pemilu 2019, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (16/11/2017).

Tiga Parpol yang belum memenuhi syarat administrasi itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN) 383 dukungan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 517 dukungan, dan Partai Garuda 38 dukungan.

Selain karena data ganda antarpartai sehingga salah satu dukungan dicoret setelah proses klarifikasi,  penyebab dukungan menjadi tidak memenuhi syarat adalah salinan KTP yang dilampirkan tidak sesuai dengan yang tercantum di daftar nama.

KPU Kabupaten Rembang meminta kepada Parpol tersebut segera memperbaiki dokumen daftar anggota masing-masing, sehingga memenuhi batas minimal dukungan yang untuk di daerah ini sebanyak 625.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin mengatakan, perbaikan terhadap data dukungan yang tidak memenuhi syarat dilakukan mulai 18 November sampai 1 Desember 2017.

“Perbaikan dilakukan sampai batas minimal yang disyaratkan yaitu 625 dukungan. Kami menyerahkan sepenuhnya proses perbaikan ini pada Parpol yang bersangkutan,” ujarnya.

Maftukhin mengatakan perbaikan dokumen bukti dukungan akan diverifikasi ulang oleh KPU Kabupaten Rembang.

“Nantinya proses penelitian ulang dokumen yang diperbaiki akan dilakukan 2 Desember 2017,” ujarnya.

Ia menjelaskan usai proses verifikasi kedua nanti, pihaknya akan melaporkan data tersebut pada KPU Republik Indonesia (RI).

Penentuan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat adalah kemewangan KPU RI.

“Untuk Parpol yang memenuhi syarat dukungan, bisa lanjut ke tahapan verifikasi faktual,” pungkasnya.

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan