Tiga Kafe Nekat Operasi Saat Ramadan Tidak Diberi Perpanjangan Izin

Thursday, 23 June 2016 | 00:26 WIB
Kafe Indah Bekti di bilangan Mbesi Desa Kedungrejo tampak terang tetapi tidak ada aktivitas karaoke pada saat razia, Kamis (16/6/2016) malam. (Foto: Pujianto)

Kafe Indah Bekti di bilangan Mbesi Desa Kedungrejo tampak terang tetapi tidak ada aktivitas karaoke pada saat razia, Kamis (16/6/2016) malam. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tiga kafe karaoke yang terungkap nekat beroperasi pada bulan Ramadan 1437 Hijriah tidak akan diberi perpanjangan izin oleh Pemerintah Kabupaten Rembang.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz menjawab pertanyaan mataairradio mengenai sanksi yang akan dikenakan terhadap tiga kafe karaoke itu.

Seperti diberitakan, tiga kafe karaoke yang nekat buka meski sudah ada pelarangan melalui instruksi Bupati adalah Dimensi, Indah Bekti, dan Kafe Karaoke JNT.

“Sesuai dengan yang saya sampaikan, yang melanggar sudah pasti tidak akan saya perpanjang izinnya,” ungkap Bupati kepada mataairradio melalui sambungan telepon, Rabu (22/6/2016) siang.

Ia menyatakan menyesalkan beroperasinya kafe karaoke tersebut karena telah nyata-nyata tidak patuh terhadap ketentuan yang berlaku terutama di bulan Ramadan.

“Kami pastikan, ketika tiga kafe karaoke tersebut mengajukan izin atau perpanjangan izin, tidak akan kami beri atau tidak kami beri perpanjangan,” tegasnya.

Sanksi tidak diberikannya perpanjangan izin, menurutnya, juga berlaku terhadap warung kopi yang nekat buka di luar jam yang ditentukan, yakni di luar pukul 17.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

“Warung kopi ya ditutup karena sudah melanggar. Kan kesepakatannya begitu. Kami imbaukan masyarakat sudah sedari awal harus menghormati Ramadan,” imbuhnya.

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Rembang, Sri Sugiarti menyatakan siap melaksanakan perintah Bupati tersebut, tapi pihaknya perlu lebih dulu menghadap.

“Kami berencana menghadap Bupati, Kamis (23/6/2016) ini. Menurut kami, sanksi tersebut layak diberikan mengingat sosialisasi mengenai edaran tersebut sudah sering dilakukan,” ujarnya.

Berdasarkan data dari KPPT Kabupaten Rembang, Kafe Karaoke Dimensi sudah memperpanjang izin selama lima tahun pada Februari 2015. Hal yang sama juga dilakukan oleh JNT yang telah memperpanjang izin pada 2014 silam.

Adapun Kafe Karaoke Indah Bekti tercatat belum berizin, sehingga pihak KPPT memastikan kafe karaoke tersebut beroperasi secara ilegal dan perlu ditindak tegas.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan