Tiap Tahun 25.000 Pedet Rembang Diangkut ke Luar Daerah

Kamis, 1 September 2016 | 13:57 WIB
Suasana Pasar Hewan Kragan. (Foto: Arif Bahtiar)

Suasana Pasar Hewan Kragan. (Foto: Arif Bahtiar)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sekitar 25.000 ekor pedet atau anak sapi dari Kabupaten Rembang tercatat diangkut ke luar daerah pada setiap tahunnya.

Peternak sapi dari daerah seperti Cilacap, Banjarnegara, bahkan beberapa daerah di Jawa Barat disebut meminati pedet dari Rembang karena pasokan yang melimpah.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menyebutkan, angka kelahiran anak sapi di daerah ini mencapai 30.000-35.000 ekor.

Namun penambahan populasi sapi per tahun di Kabupaten Rembang, katanya, hanya berkisar antara 5.000-10.000 ekor, sedangkan sisanya itu diangkut ke luar daerah.

“Untuk hasil ternak kita, pedet yang berusia 5-6 bulan banyak diambil oleh peternak lain dari luar daerah untuk penggemukan. Di Rembang tak banyak peternak yang menggemukkan karena kendala pakan,” katanya.

Menurut Agus, daerah yang mengambil pedet dari Rembang untuk digemukkan rata-rata merupakan daerah yang banyak hijauan pakan ternak sehingga menguntungkan.

“Pasokan pedet di kita bisa dibilang melimpah atau populasinya tinggi. Itu kenapa kita masuk sebagai empat besar pemasok pedet atau sapi di Jawa Tengah,” katanya.

Pihak Bidang Peternakan Rembang mencatat populasi sapi mencapai 128.000 ekor, sedangkan kambing atau domba mencapai sekitar 250.000 ekor.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan