Tersangka Korupsi, Salim Siap Hadapi Polda

Minggu, 17 Maret 2013 | 15:59 WIB

 spbu-salim-bupati-rembang-t

Rembang, MataAirRadio.net – Pihak kuasa hukum tersangka kasus dugaan korupsi penyertaan modal PT RBSJ yang juga Bupati Rembang aktif Mochammad Salim menyatakan bahwa kliennya sudah sangat siap menghadapi pemeriksaan yang segera dilakukan Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Salah seorang kuasa hukum Mochammad Salim, Eddy Heryanto kepada reporter MataAir Radio, Minggu (17/3) pagi memastikan, kliennya itu tidak panik dengan perkembangan atas kasus dugaan korupsi yang membelitnya.

Meski demikian, menurut Eddy, pihaknya akan segera menggelar pertemuan khusus dengan Mochammad Salim membicarakan apa yang perlu dipersiapkan menjelang pemeriksaan.

Sejauh ini, surat panggilan dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah untuk kliennya juga belum diterima.

Dalam waktu dekat, pihak kuasa hukum kata Eddy mengungkapkan, akan berkirim surat ke Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI untuk mempertanyakan rincian penyebab kerugian negara yang telah ditetapkan sebesar empat miliar rupiah dalam penyertaan modal PT RBSJ.

Ia menyebutkan, nilai kerugian negara sebesar itu diyakininya akumulasi dari beberapa penyebab atau peristiwa sehingga perlu dijelaskan oleh pihak BPK. Misalnya, apakah yang dinilai oleh BPK sebagai penyebab kerugian negara adalah proses atau transaksi pembelian tanah untuk SPBU atau yang mana.

Sementara itu, pada kesempatan sebelumnya, Lembaga Study Pemberdayaan Masyarakat atau Lespem Rembang meminta Polda Jateng untuk segera mengajukan cekal untuk Salim. Menurut Lespem, setiap mereka yang terbelit kasus hukum berpotensi melarikan diri.

Dalam kasus dugaan korupsi penyertaan modal PT RBSJ, selain Bupati Rembang Mochammad Salim, sebelumnya mantan Direktur PT RBSJ Siswadi juga ditetapkan sebagai tersangka.

Keduanya dinilai sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas penyertaan modal sebesar Rp35 miliar yang dikucurkan masing-masing Rp25 miliar melalui APBD 2006 dan Rp10 miliar melalui APBD 2007. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan