Terpeleset Jatuh, Pekerja Proyek Pabrik Semen Tewas

Sabtu, 22 Oktober 2016 | 15:29 WIB
Kondisi perkembangan terkini pabrik semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah Gunung Bokong Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, 29 September 2016. (Foto: Pujianto)

Kondisi perkembangan terkini pabrik semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah Gunung Bokong Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, 29 September 2016. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Seorang pekerja pada proyek pabrik semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah Gunung Bokong Desa Kadiwono Kecamatan Bulu tewas akibat kecelakaan kerja, Sabtu (22/10/2016) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Korban diketahui bernama Muhammad Doli (29) warga Desa Sonokidul Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Dari informasi yang dihimpun, awalnya korban sedang dalam persiapan untuk melakukan pekerjaan pengelasan di areal blending silo.

Ketinggian lokasi korban hendak bekerja itu mencapai 80 meter dari tanah. Diduga, korban terpeleset ketika hendak berteduh karena di saat yang sama turun hujan, sehingga Doli jatuh terperosok lubang saluran udara dan meninggal dunia seketika.

“Hasil interogasi kami dengan saksi-saksi; teman pekerja dan olah TKP, kejadian jam 8 sedang persiapan kerja. Terus hujan dan mau berteduh. Yang bersangkutan terpeleset dan masuk saluran udara setinggi 80 meter,” ungkap Kasatreskrim Polres Rembang Iptu Ibnu Suka.

Selain mendatangi tempat kejadian perkara, pihak kepolisian kata Kasatreskrim menyatakan sudah mengecek korban dengan mendatangi RSUD dr R Soetijono Blora, sebagai bagian dari upaya penyelidikan atas kasus kecelakaan kerja yang tidak sekali ini saja terjadi di proyek tersebut.

Ditanya mengenai perlukah polisi menetapkan otoritas perusahaan yang mempekerjakan korban sebagai pihak yang mestinya bertanggung jawab; dalam hal ini menjadikannya tersangka, Ibnu Suka mengaku masih menyelidikinya.

“Terlalu dini kalau kami menyimpulkan (tersangka dalam kasus kecelakaan kerja tersebut). Sementara dalam penyelidikan. (Faktor kelalaian pekerja atau tingkat keselamatan kerja yang rendah yang pemicu kecelakaan kerja) Mungkin apesnya korban,” pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Agung Wiharto menyatakan masih mengumpulkan info terkait kecelakaan kerja di lokasi proyek pabrik semen di Rembang.

“Saya kumpulkan info dulu. Yang pasti benar ada kecelakaan kerja pegawai PT Weltes atas nama Muhammad Doli (29) di area preheater,” ujar Agung ketika dikonfirmasi mengenai kecelakaan kerja di proyek pabrik semen tanpa menyebut tindak lanjut progresif yang sudah dilakukan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan