Tercantum Berlaku Sampai 2017, e-KTP Tidak Perlu Diperpanjang

Rabu, 11 Januari 2017 | 16:01 WIB

Penggalan Surat Edaran dari Mendagri Tjahjo Kumolo tanggal 29 Januari 2016 tentang KTP elektronik berlaku seumur hidup. (Foto dokumentasi Kepala Dinpendukcapil Rembang, Rabu 11 Januari 2017).

 

REMBANG, mataairradio.com – Kartu tanda penduduk (KTP) elektronik yang masih tertera masa berlaku sampai 2017 tidak perlu diperpanjang oleh pemegangnya. Sebab, KTP elektronik berlaku seumur hidup.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang Daenuri mengatakan, KTP elektronik atau e-KTP yang berlaku sampai 2017 tidak kedaluwarsa, sehingga warga yang memegangnya tidak perlu repot-repot memperpanjang.

“Untuk diketahui bahwa KTP el (elektronik, red.) tidak perlu diperpanjang. Walau masa berlakunya telah habis,” tulis Daenuri lewat akun sosial media facebook miliknya pada Rabu (11/1/2017) siang.

Pejabat asal Desa Pamotan Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang ini juga mengunggah Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tertanggal 29 Januari 2016, guna menyakinkan masyarakat yang kebetulan membaca status tersebut.

“Sejauh ini nggak ada yang sampai datang ke Dinpendukcapil untuk meminta perpanjangan e-KTP. Ya mungkin sebelum ke Dinpendukcapil telah konfirmasi dulu ke kecamatan. Jadi nggak sempat ke Rembang,” katanya ketika dikonfirmasi.

Menurutnya, informasi atau pengumuman tersebut perlu kembali dicuatkan kepada publik sebagai penyegaran ingatan. Apalagi sangat mungkin masyarakat tiba-tiba gusar ketika mendapati masa berlaku e-KTP yang hampir habis, padahal aturannya tidak perlu diperpanjang.

“Kecamatan memang belum bisa langsung mencetak e-KTP. Kendala kita pada alat, jaringan, dan personel. Namun, setelah perekaman di tingkat kecamatan, pencetakan KTP di Dinpendukcapil mudah, bisa dititipkan. Di kantor kami usulan tidak ngendon banyak kok,” tegasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan