Suci Non-aktif, Disdik Segera Tunjuk Plt Kepala SD Padaran

Selasa, 4 Oktober 2016 | 23:51 WIB
Aktivitas belajar siswa di SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang kembali normal setelah sebelumnya sempat terjadi mogok  yang dilakukan seluruh siswa. (Foto: Pujianto)

Aktivitas belajar siswa di SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang kembali normal setelah sebelumnya sempat terjadi mogok yang dilakukan seluruh siswa. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rembang menyatakan akan segera menunjuk pelaksana tugas atau Plt Kepala Sekolah Dasar Negeri Padaran Kecamatan Rembang menyusul non-aktif Suci Iriani Hendrawati.

Suci alias Nanik sebelumnya di-nonjob-kan karena muncul protes dari para orang tua siswa, yang kemudian melarang anak mereka bersekolah. Aktivitas belajar-mengajar sempat terhenti seharian pada 26 September lalu karena seluruh atau 130-an siswa mogok sekolah.

Kepala sekolah dituding menyimpangkan arah iuran kurban dari siswa. Iuran bukannya dipakai untuk membeli hewan kurban sebagai bentuk memberi pembelajaran bagi anak, melainkan dibelikan daging cincangan. Nanik juga dituding soal lain, yaitu potongan bantuan siswa miskin.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Disdik Kabupaten Rembang Mardi menjelaskan, rencana penunjukan Plt Kepala SDN Padaran ini karena pengangkatan kepala sekolah definitif pengganti Suci mesti menunggu surat keputusan dari Bupati.

Selain itu, penunjukan Plt juga agar urusan penting sekolah seperti pelaporan keuangan dan dokumen berharga sekolah, tetap ada pihak yang semestinya bertanggung jawab. Penunjukan ini pun lantaran Suci tertutup pintu kembali menjadi Kepala Sekolah Dasar Negeri Padaran.

“Dalam waktu dekat, kalau ada urusan yang harus ditandatangani kepala sekolah, kemungkinan kita bisa ambil langkah yang bisa dibilang, yang kemungkinan Plt. Sebab untuk mengangkat yang baru, nunggu SK dari Pak Bupati,” katanya pada Selasa (4/10/2016).

Sementara ini, menurut Mardi, urusan rutin sekolah dikoordinasikan oleh guru senior di SD tersebut. Mengenai penunjukan Plt Kepala Sekolah, pihak Disdik Kabupaten Rembang akan menanti pula hasil penilaian pembinaan terhadap Suci oleh pihak UPT Disdik Kecamatan Rembang.

“Saya kira, penilaian atas pembinaan terhadap yang bersangkutan cukup satu bulan. Kita akan lihat perubahannya. Tetapi kalau pun penilaian mengatakan masih layak menjadi kepala sekolah, tetap saja, yang bersangkutan akan dipindahtugaskan ke SD lain,” tandasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan