Stok Darah di Rembang Menipis

Jumat, 25 September 2020 | 20:27 WIB

Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) Rembang menggelar aksi donor darah pada Jumat (25/9/2020) pagi di kantor Lazizmu setempat. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Stok darah di PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Rembang menipis, setidaknya sejak terjadinya pandemi global covid-19.

Salah satu Staf PMI Rembang Ningsih mengungkapkan, jumlah darah yang pihaknya simpan pada saat ini tersisa sebanyak 358 kantong.

Padahal dalam satu bulan, di Rembang setidaknya dibutuhkan 1.000-1.200 kantong darah untuk mencukupi kebutuhan transfusi darah.

Ia menyebutkan, dari total 358 kantong darah itu perinciannya 30 kantong darah golongan O, 41 kantong darah golongan AB, dan golongan darah A 145 kantong serta 142 kantong darah golongan B.

“Saat ini yang paling sedikit stoknya adalah golongan darah O, tinggal 30 kantong dalam catatan kami. Tapi alhamdulillah kegiatan pagi ini kita dapat 49 orang baik yang donor darah,” pungkasnya.

Mengetahui kondisi tersebut Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) Rembang menggelar aksi donor darah pada Jumat (25/9/2020) pagi di kantor Lazizmu setempat.

Direktur Lazizmu Rembang Adib Ulinnuha menyatakan, kegiatan donor darah ini adalah panggilan kemanusiaan apalagi di masa pandemi Covid-19.

Dirinya mendapatkan informasi bahwa stok darah di PMI Rembang sedang menipis, sehingga tergerak untuk menggelar agenda donor darah.

Dalam kesempatan tersebut ada 49 orang yang bersedia mendermakan darahnya untuk membantu memenuhi stok darah, sehingga bisa dimanfaatkan ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Adib menambahkan, kegiatan ini baru kali pertama digelar oleh Lazizmu. Rencananya akan digelar secara rutin setiap tiga bulan, sesuai arahan PMI bahwa seseorang dianjurkan donor rutin setiap tiga bulan sekali.

“Ini panggilan kemanusiaan, kita tahu bahwa setiap hari rumah sakit membutuhkan banyak sekali kantong darah, dan paling tidak kita bisa sedikit berkontribusi terhadap sesama,” ungkapnya.

Tomy Hijriyanto salah satu pendonor mengaku, dirinya memang rutin donor darah. Menurutnya secara rutin melakukan donor darah dapat menyehatkan badan dan hal ini sudah ia rasakan manfaatnya.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan