Sortir dan Lipat Selesai Lebih Cepat, 662 Surat Suara Rusak

Jumat, 25 Mei 2018 | 13:45 WIB

Proses sortir dan lipat surat suara di Gudang KPU Rembang di bilangan Jalan Ahmad Yani, Sawahan, Rabu (23/5/2018). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Proses sortir dan lipat surat suara untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 yang ditarget selesai dalam sepekan di Rembang, ternyata rampung lebih cepat.

Kamis (24/5/2018) malam sekitar pukul 23.00 WIB, 488.315 lembar surat suara, selesai disortir dan dilipat oleh 43 pekerja yang direkrut KPU Kabupaten Rembang.

Surat suara yang mesti disortir dan dilipat ini tiba di Rembang pada Rabu pagi 23 Mei lalu. Artinya, proses sortir dan lipat selesai dalam waktu dua hari saja.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud membenarkan, penyelesaian sortir dan lipat surat suara, lebih cepat dari target yakni 31 Mei 2018.

“Dari proses ini, ditemukan 662 lembar surat suara rusak. Hari ini kami akan membuat berita acara ke KPU Jawa Tengah untuk proses penggantian,” katanya.

Jumat (25/5/2018) ini pun, pihaknya langsung memetakan kebutuhan surat suara per TPS, termasuk tambahan 2,5 persen surat suara cadangan.

“Setelah sortir dan lipat, kita langsung petakan kebutuhan surat suara di masing-masing 1.300 TPS, termasuk 2,5 persen cadangan,” terangnya.

Minanus Suud juga mengatakan, selain surat suara, logistik Pilgub Jateng yang sudah diterima oleh KPU Kabupaten Rembang antara lain formulir-formulir, tinta, hologram, dan segel.

“Sementara logistik seperti spidol, stiker, gembok, sampul, alas dan alat coblos, kantong plastik, serta palu karet, pengadaannya diserahkan kepada KPU kabupaten,” jelasnya.

Hingga Jumat (25/5/2018) ini, baru stiker yang sudah tersedia, sedangkan yang lainnya ditarget lengkap dan tersedia pada 31 Mei mendatang.

“Saat sekarang, kami akan mulai melakukan pengesetan logistik per TPS, berbekal kelengkapan yang sudah tersedia,” tegasnya.

Suud menambahkan, pengepakan seluruh logistik akan dilakukan oleh KPU pada 1-5 Juni 2018, sedangkan pengemasan kelengkapan TPS di tingkat PPK dijadwalkan pada 6-14 Juni nanti.

Pilgub Jawa Tengah akan dilaksanakan pada Rabu Pon, 27 Juni mendatang. Ada dua pasangan calon yang berebut suara, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan