Seusai Dilantik, Panwascam Diminta Kuasai Regulasi

Senin, 16 Oktober 2017 | 14:32 WIB

Penguatan SDM dan lembaga tersebut diperlukan setelah Panitia Pengawas Kabupaten Rembang melantik Panwascam se-kabupaten ini secara serentak pada Sabtu, 14 Oktober 2017, di Fave Hotel. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah diminta untuk menguatkan sumber daya manusia dan lembaganya.

Penguatan SDM dan lembaga tersebut diperlukan setelah Panitia Pengawas Kabupaten Rembang melantik Panwascam se-kabupaten ini secara serentak pada Sabtu, 14 Oktober 2017, di Fave Hotel.

Anggota Panwaskab Rembang Amin Fauzi mengatakan, penguatan sumber daya manusia dilakukan antara lain dengan penguasaan regulasi terkait Pemilu, baik undang-undang, PKPU, dan Perbawaslu.

“Aturan yang terkait objek pengawasan Pemilu juga perlu dikuasai. Kalau penguatan lembaga, menjalin koordinasi dengan intansi terkait di daerahnya baik pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan,” katanya.

Menurut Amin, koordinasi dengan Muspika setempat dilakukan untuk sosialisasi lembaga. Koordinasi secara lebih nyata dengan camat adalah guna keperluan fasilitasi kantor sekretariat dan aparaturnya.

“Panwascam bersama Panwaskab juga langsung tancap gas melakukan pengawasan guna tahapan seleksi PPK dan PPS pada Pemilihan Gubernur 2018,” katanya kepada mataairradio.com.

Panwascam diminta pula untuk ikut mengawasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan