Sepanjang 2016, 230 PNS Rembang Pensiun

Rabu, 30 Maret 2016 | 19:15 WIB
Kepala BKD Rembang Suparmin. (Foto: Pujianto)

Kepala BKD Rembang Suparmin. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sebanyak 230 orang pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai eselon di Kabupaten Rembang akan memasuki pensiun pada tahun 2016. Bulan April nanti, tercatat ada 50 PNS di kabupaten ini yang purna tugas dari abdi negara.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang Suparmin, Rabu (30/3/2016) pagi menyebutkan, para PNS yang pensiun pada bulan April nanti itu, 39 di antaranya merupakan pensiun biasa.

“Sedangkan 11 lainnya; 9 karena janda/dua dan 2 karena pensiun atas permintaan sendiri (APS),” bebernya.

Menurutnya, jumlah pegawai negeri sipil yang pensiun pada bulan depan bisa bertambah jika ada yang meninggal dunia, menjadi janda atau duda, atau APS.

“Dengan banyaknya jumlah PNS yang pensiun dalam beberapa tahun terakhir sampai April nanti, jabatan yang kosong sudah 87 kursi,” terangnya.

Suparmin juga menyebutkan, rata-rata PNS yang pensiun pada bulan April atau hingga akhir 2016 adalah guru dan pejabat fungsional umum.

Bulan depan misalnya, seorang pejabat eselon III dalam hal ini Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian, pensiun.

Disusul dua pejabat di Inspektorat serta 1 pejabat di Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang. Sebelumnya per 1 Maret kemarin, Sukandar, Kabag Perekonomian Sekda Rembang, purna tugas.

“Jabatan yang kosong terdapat pada berbagai eselon, mulai eselon IIa hingga eselon V,” katanya.

Eselon IIa adalah jabatan sekretaris daerah. Sementara itu, terhadap dua PNS yang pensiun atas permintaan sendiri, Suparmin tidak menyebutkannya secara gamblang.

“Yang jelas, syarat mutlak pensiun APS adalah masa kerja minimal 20 tahun dan usia minimal 50 tahun,” ujarnya.

Mengenai pembayaran pensiun pagi para PNS yang purna tugas itu, pihak BKD menyatakan tidak repot. Mereka yang pensiun cukup datang di bank yang ditunjuk oleh PT Taspen (Persero) untuk mengurus pembayaran dana pensiun.

Besaran dana pensiun tergantung golongan pegawai dan masa kerja. Selain fasilitas pensiun dari PT Taspen, kini Korpri memberikan tali asih Rp5 juta kepada pegawai yang pensiun.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan