Senjata Api Polisi Rembang Diinspeksi Mendadak

Selasa, 25 Oktober 2016 | 17:33 WIB
Inspeksi senjata api milik anggota Polres Rembang oleh Kabag Sumda Kompol Kelik Budi Antara dan Kasi Propam Ipda Heri Basuki di Mapolres setempat, Selasa (25/10/2016). (Foto: Pujianto)

Inspeksi senjata api milik anggota Polres Rembang oleh Kabag Sumda Kompol Kelik Budi Antara dan Kasi Propam Ipda Heri Basuki di Mapolres setempat, Selasa (25/10/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bagian Sumber Daya (Sumda) bekerjasama dengan Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Resor Rembang melakukan inspeksi secara mendadak terhadap senjata api yang dibawa anggota Polres setempat.

Dalam pemeriksaan yang dipimpin Kepala Bagian Sumda Kompol Kelik Budi Antara dan Kepala Seksi Propam Ipda Heri Basuki di Markas Polres Rembang, Selasa (25/10/2016), satu per satu senjata api diperiksa kelayakan dan kebersihannya.

Selain itu, masa berlaku surat izin membawa senjata juga diperiksa apakah masih aktif atau sudah mati. Kelik mengatakan bahwa pemeriksaan senjata api tersebut dilaksanakan atas perintah Kepala Polres Rembang AKBP Sugiarto.

“Pemeriksaan senjata api rutin digelar dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana inventaris atau senjata api itu dijaga dengan baik,” jelas ia.

Menurutnya, pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisinya oleh anggota Polri khususnya anggota Polres Rembang.

“Personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” tegasnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap surat izin dan kondisinya, senjata api yang dibawa anggota Polres Rembang dalam kondisi lengkap dan layak digunakan.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa beberapa anggota terkejut karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan terkait rencana pemeriksaan senjata api itu.

“Ada beberapa anggota yang kami tegur karena kurang bersih dalam merawat senjata api yang dibawanya. Anggota juga kami peringatkan agar lebih waspada dan hati-hati saat menggunakan senpi,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan