Seleksi Panwascam, Bawaslu Terjunkan Asisten di Rembang

Jumat, 29 Mei 2015 | 18:31 WIB
Totok Suparyanto, ketika memberikan panduan kepada peserta tes tertulis calon panwascam Pilkada Rembang 2015, di SMA Negeri 1 Rembang, Jumat (29/5/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Totok Suparyanto, ketika memberikan panduan kepada peserta tes tertulis calon panwascam Pilkada Rembang 2015, di SMA Negeri 1 Rembang, Jumat (29/5/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menerjunkan tim asistensi untuk mengawasi seleksi panitia pengawas di level kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Rembang 2015.

Tim asistensi dikirim secara khusus tanpa memberitahu Panwas Pilkada, sebelumnya.

Respati Likarini, asisten Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang dikirim ke Rembang menjelaskan, pengawasan seleksi Panwascam untuk mengindari potensi kecurangan.

Dia mengaku mengawasi secara seksama tes tertulis Panwascam yang digelar di SMA Negeri 1 Rembang, Jumat (29/5/2015) pagi.

Proses koreksi juga diawasi oleh asisten untuk diambil enam atau sembilan peserta yang lolos, tergantung tingkat kesengitan kompetisi antarpeserta di kecamatan terkait.

“Setelah didapat hasilnya, akan membawanya ke Semarang. Sementara naskah soal tes tertulis, pada akhirnya dimusnahkan (dibakar),” ujarnya.

Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto membenarkan adanya tim asistensi untuk mengawasi seleksi tertulis panitia pengawas kecamatan.

“Kami tidak tahu, mereka datang sejak kapan dan jam berapa, tetapi langsung ketemu di lokasi tes, pukul 07.30 WIB,” katanya.

Menurutnya, tim asistensi bertugas mengawal dan membagikan naskah tes tertulis, hingga mengoreksi jawaban para peserta seleksi dan diperoleh enam atau sembilan besar.

“Kami menyambut baik tim asistensi, demi terwujudnya transparansi. Apalagi, Panwascam memang mesti jadi contoh masyarakat,” terangnya.

Dia menegaskan, tim asistensi yang dikirim, hanya satu untuk setiap kabupaten. Tetapi di Rembang, asisten didampingi oleh seorang petugas teknis.

Totok membenarkan pula, koreksi jawaban peserta tes tertulis, akan diawasi asisten, sehingga dijamin transparan. Peserta yang lolos akan diwawancara 2-3 Juni mendatang.

Sementara itu, dari 198 peserta yang lolos seleksi administrasi, terdapat sembilan peserta yang absen tes tertulis. Mereka ini secara otomatis tidak lolos ke tes wawancara.

Hasil tes tertulis diumumkan melalui jejaring sosial facebook Panwas Pilkada pada pukul 00.00 WIB, atau di tiap kantor kecamatan pada Sabtu (30/5/2015) pagi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan