Satlantas Luncurkan Pendaftaran SIM Via SMS Online

Selasa, 30 Agustus 2016 | 23:32 WIB
Suasana pelayanan SIM di Satlantas Polres Rembang, baru-baru ini. Per Agustus 2016, Satlantas Polres Rembang meluncurkan program pendaftaran perpanjangan dan pembuatan SIM baru via SMS online. (Foto: Pujianto)

Suasana pelayanan SIM di Satlantas Polres Rembang, baru-baru ini. Per Agustus 2016, Satlantas Polres Rembang meluncurkan program pendaftaran perpanjangan dan pembuatan SIM baru via SMS online. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Rembang meluncurkan layanan pendaftaran perpanjangan dan pembuatan baru Surat Izin Mengemudi (SIM) via layanan pesan singkat atau SMS secara dalam jaringan atau online.

Kasatlantas Polres Rembang AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi melalui Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Inspektur Satu Setiyanto mengatakan layanan baru tersebut disediakan guna mendorong masyarakat agar mengurus SIM.

“Pemohon perpanjangan dan pembuatan SIM bisa mengirimkan SMS pendaftaran melalui nomor khusus yang telah ditetapkan,” terangnya pada Selasa (30/8/2016) pagi.

Ia menerangkan format untuk mendaftar perpanjangan adalah dengan mengirimkan data nama lengkap, alamat, jenis SIM dan nomor SIM lama ke nomor khusus.

“Pemohon SIM cukup mengirimkan SMS berisi data diri ke nomor 082313352742. Namun bagi pemohon baru SIM, tetap diwajibkan mengikuti tahapan tes yang ditentukan,” katanya.

Setelah itu, lanjut Setiyanto, pemohon mesti datang ke Satlantas secara langsung guna cetak untuk perpanjangan SIM, sedangkan terhadap SIM baru tetap harus melalui tes tulis dan praktik.

“Pendaftaran melalui SMS online ini hanya berlaku untuk SIM A dan C. Adapun terhadap pemohon SIM B, harus terlebih dahulu mengikuti tes psikologi dan simulator SIM,” tandasnya.

Menurutnya, program perpanjangan dan pendaftaran SIM via SMS online merupakan salah satu inovasi dari Polres Rembang dan diberlakukan mulai Agustus ini.

Ia mengakui, peminat layanan ini belum begitu banyak, karena baru dua hingga tiga pemohon per pekan, sehingga sosialisasi kepada khalayak masih perlu diintensifkan.

“Untuk melakukan promosi program, kami juga akan melakukan pemasangan spanduk di beberapa titik lokasi. Harapannya, masyarakat bisa tertarik dan menggunakan model pendaftaran SIM melalui SMS online,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan