Ribuan Benih Ikan Disebar Warga Untuk Kelestarian Sungai

Rabu, 4 September 2019 | 21:16 WIB
Masyarakat di Desa Pamotan Kecamatan Pamotan ramai-ramai menebar ribuan benih ikan di Sungai Glanggang, pada Selasa (3/9/2019). (Foto:mataairradio.com)

PAMOTAN, mataairradio.com – Masyarakat di Desa Pamotan Kecamatan Pamotan ramai-ramai menebar ribuan benih ikan di Sungai Glanggang, yaitu salah satu sumber mata air yang menjadi andalan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari.

Penebaran benih ikan dilakukan beberapa tahapan, tahap terakhir sebanyak 10.000 benih ikan jenis combro dan nila ditebar.

Salah satu pemuda di Desa Pamotan Rifki Fuadi menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut yakni untuk melestarikan ekosistem sungai.

Pihaknya sengaja menebar benih ikan pada saat musim kemarau, karena kalau pada saat musim hujan benih ikan akan terbawa arus banjir.

“Ini ide dan bibitnya dari para pemuda Candisari dan Sumberan. Sedangkan kami bertugas menjaga dan menebar benihnya,” ungkapnya, baru-baru ini.

Qowim salah satu warga yang lainnya menambahkan, yang menjadi kendala oleh pihaknya adalah adanya oknum warga yang sengaja meracun ikan di sunagi.

Menurutnya, hal tersebut dapat merusak ekosistem sungai, sehingga apabila ada oknum warga yang ketahuan meracun ikan di sungai pihaknya tidak segan menindak secara tegas.

“Kita itu ingin sama-saa menjaga sungai, biar ekosistem sungai tetap baik. Jangan dikasih racun dan disetrum,” pungkasnya.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan