Rembang Optimistis Wakili Jateng Lomba Komoditas Padi

Jumat, 27 Mei 2016 | 16:39 WIB
Seorang petani di Kecamatan Sale tengah sibuk menyemprotkan pestisida guna mengendalikan hama pada tanaman padinya, baru-baru ini. (Foto: Pujianto)

Seorang petani di Kecamatan Sale tengah sibuk menyemprotkan pestisida guna mengendalikan hama pada tanaman padinya, baru-baru ini. (Foto: Pujianto)

 

SALE, mataairradio.com – Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sale optimistis bisa menempatkan Kelompok Tani Makmur Desa Sale sebagai wakil dari Provinsi Jawa Tengah pada ajang lomba komoditas padi tingkat nasional.

Keyakinan itu, menurut Koordinator BPP Sale, Joko Budiharjo, setelah penilaian oleh tim juri dari Jawa Tengah pada Rabu 26 Mei lalu. Dari penilaian tersebut, Kelompok Tani Makmur, potensial masuk sebagai nominasi 6 besar di tingkat provinsi.

Sebelumnya, kelompok tani dari Desa Sale ini berhasil mewakili Rembang di lomba yang sama tingkat provinsi. Optimisme Rembang menjadi wakil Jateng di tingkat nasional, karena dari nominasi tersebut, peluang menjadi yang terbaik di level provinsi, sangat terbuka.

“Sejumlah dokumen dan pemaparan teknik disampaikan oleh kelompok tani dan penyuluh kepada dewan juri. Kami optimistis bisa mendapatkan hasil optimal. Paling tidak bisa menjadi nominasi juara dalam lomba ini,” terangnya.

Menurut Joko, ada tiga aspek yang harus dipersiapkan oleh Kelompok Tani Kamur sebelum penilain. Aspek tersebut adalah teknis, ekonomi, serta kemitraan antara kelompok tani dan penyuluh.

“Kami selalu koodinasi dengan semua kelompok tani. Kami amati dan bina, mana yang layak masuk lomba nanti kami pilih. Kami terus melakukan pengamatan lapangan untuk menghasilkan kelompok tani unggulan,” tandasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan