Remaja dan Kakek-kakek Target Rekrutmen Jaringan Narkoba

Senin, 6 Maret 2017 | 13:54 WIB

Alief Fatchun Najich warga Desa Banyuurip Kidul Surabaya, Jawa Timur, ditangkap di depan Terminal Rembang, Ahad (5/3/2017) kemarin. Polisi membekuknya karena yang bersangkutan menguasai narkotika golongan I jenis sabu-sabu. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Sugiarto mengungkapkan, remaja dan kakek-kakek merupakan target rekrutmen jaringan peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya.

Ungkapan Kapolres tersebut menyikapi fenomena tertangkapnya sejumlah tersangka pengedar dan kurir sabu-sabu di Kabupaten Rembang yang berasal dari kalangan muda, dengan usia rata-rata di bawah 25 tahun.

Teranyar, Satuan Reserse Narkoba Polres Rembang menangkap seorang warga Banyuurip Kidul Surabaya bernama Alief Fatchun Najich yang baru berumur 18 tahun, karena hendak mengedarkan tiga paket sabu-sabu, Ahad (5/3/2017) kemarin.

Sebelumnya, polisi menangkap komplotan kurir sabu-sabu berasal dari Kabupaten Jepara. Polisi mengungkap peran salah seorang remaja pada komplotan, yakni sebagai semacam ketua geng, sedangkan “anak buah”-nya berusia jauh lebih tua.

“Jurus jaringan Narkotika menggunakan pemuda dan kakek-kakek dengan modus untuk memutus mata rantai peredaran. Misalnya kakek-kakek berusia di atas 60 tahun,” ungkap Kapolres didampingi Kasat Reserse Narkoba AKP Bambang Sugito.

Menurutnya, upaya polisi untuk terus memberantas peredaran narkotika, perlu didukung penuh oleh segenap lapisan masyarakat. Para orang tua mesti sepenuh hati dalam mengendalikan anak-anak, agar tidak terjatuh pada kubangan narkotika.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar menjauhi dan mengindari penyalahgunaan narkoba. Sebab, efek ketergantungan sangat berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan. Pengobatan dan pemulihan bagi pecandu juga butuh proses lama dan jarang sembuh total,” tandasnya, Senin (6/3/2017).

Kapolres juga menekankan, belakangan, sejumlah tindak kriminal yang terjadi di Kabupaten Rembang, antara lain pemicunya penyalahgunaan narkoba, sehingga mesti menjadi musuh bersama.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan