Soal Rehabilitasi Pasar Pascakebakaran, BPBD Diminta Adil

Sabtu, 9 Februari 2013 | 14:42 WIB
Pemerintah Desa Lodan Wetan tuntut rehabilitasi Pasar Lodan pascakebakaran.

Pemerintah Desa Lodan Wetan tuntut rehabilitasi Pasar Desa Lodan pascakebakaran.

SEDAN, MataAirRadio.net – Pemerintah Desa Lodan Wetan Kecamatan Sarang meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang berlaku adil, terkait rehabilitasi pasar pascakebakaran.

Permintaan Pemerintah Desa Lodan Wetan itu setelah BPBD diketahui sudah menganggarkan dana rehabilitasi sebesar Rp54 juta, bagi Pasar Desa Sumber yang peristiwa terbakarnya baru terjadi setelah kebakaran Pasar Desa Lodan Wetan.

Kepala Desa Lodan Wetan Ali Imron, kepada reporter MataAir Radio, Sabtu (9/2) pagi berharap agar pihak BPBD pun segera mengucurkan bantuan untuk rehabilitasi pasar desa setempat.

Apalagi warga terutama pedagang sudah mengetahui bahwa BPBD pernah melakukan survei ke Pasar Lodan Wetan. Mereka beranggapan, bantuan dari Pemerintah memang ada. Kondisi itu, menurut Ali rentan menimbulkan asumsi kurang baik dari warga kepada pemerintah desa.

Ali juga membandingkan kasus kebakaran pasar desanya dengan Pasar Sumber yang sudah dianggarkan oleh BPBD dana rehabilitasi. Untuk itu, ia meminta BPBD juga memikirkan nasib Pasar Desa Lodan Wetan, termasuk pedagang yang kiosnya ludes terbakar.

Sebagaimana diketahui, Pasar Desa Lodan Wetan terbakar pada 18 Juli 2012, dan hingga kini belum mendapat bantuan dana sepeser pun dari pemerintah. Sementara Pasar Desa Sumber yang terbakar pada 24 November 2012, justru sudah dialokasikan bantuan rehabilitasi sebesar Rp54 juta oleh BPBD.

Kepala Desa Lodan Wetan Ali Imron menyebutkan, hingga saat ini baru empat kios pasar desa setempat yang sudah diiperbaiki, masing-masing milik Abdul Hafidz, Muntamam, Niamudin, serta Fatriyah.

Sementara dua kios lainnya, masing-masing milik Tutik dan Tamam, sama sekali belum diperbaiki. Diyakini, kendali dana menjadi alasan utama belum diperbaikinya dua kios tersebut. (Ilyas Almustofa)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. AnwarSanuji

    Februari 9, 2013 at 4:04 pm

    untuk BPBD,ya,,segeralah alokasikan dana untuk pasar lodan wetan itu juga,biar kabur dari asumsi diskriminatif untuk BPBD,juga biar kadilan merata dan terasa di benak masyarakat,,lepas dari itu,kepala desanya juga trlepas dari asumsi negatif oleh warganya,,sejahterlah sejahteralah yang berkesinambungan,,Amin amin amin,,

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan