Raperda Inisiatif Kafe Karaoke Gagal Dibahas Tahun Ini

Selasa, 17 Mei 2016 | 13:12 WIB
Kafe Karaoke Segara di wilayah Desa Kebloran Kecamatan Kragan saat dirazia oleh petugas dari Satpol PP Rembang, Selasa (6/4/2016) malam. (Foto: mataairradio.com)

Kafe Karaoke Segara di wilayah Desa Kebloran Kecamatan Kragan saat dirazia oleh petugas dari Satpol PP Rembang, Selasa (6/4/2016) malam. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kafe Karaoke inisiatif Komisi D DPRD Rembang gagal dibahas pada tahun 2016.

Ketua Komisi D DPRD Rembang Henry Purwoko, Selasa (17/5/2016) menyatakan sudah sempat menyetor draf raperda tersebut ke Pimpinan DPRD, belum lama ini.

Namun menurutnya, yang menjadi prioritas pembahasan justru Raperda Inisiatif tentang CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, usulan dari tiga anggota DPRD Rembang.

“Nggak tahu (penyebab raperda inisiatif tentang kafe karaoke gagal dibahas). Tapi memang, raperda inisiatif jatahnya hanya satu di tiap tahunnya,” ungkapnya.

Meskipun perda inisiatif tentang kafe karaoke, tertutup untuk dibahas pada tahun ini, pihaknya memastikan akan memasukkannya pada program legislasi daerah, tahun depan.

“Kita juga akan lihat apakah pemkab yang mengajukan dulu perda tentang kafe karaoke pada tahun depan. Kalau dari pemkab tidak, maka DPRD yang akan memunculkan usulan itu,” tegasnya.

Sejauh ini, imbuh Henry, belum ada program dari Pemkab Rembang untuk mengusulkan raperda tentang pengelolaan kafe karaoke, sehingga telah disiapkan ancang-ancang pengajuannya.

“Saya lihat di Bappeda kok belum ada (rencana mengusulkan raperda tentang kafe karaoke di prolegda tahun 2017). Saya belum tanya alasan tidak mengusulkan,” pungkasnya.

Sebenarnya, Pemkab Rembang memiliki Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Kepariwisataan, tetapi isinya tidak mengatur secara terperinci tentang kafe karaoke.

Sebagian kalangan menginginkan agar kafe karaoke dibatasi, sehingga tidak menjamur. Apalagi belakangan, kafe karaoke berdiri di kawasan yang dekat dengan tempat ibadah, kantor pemerintah, dan instansi pendidikan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan