Proyek Penataan Jalur Lingkar Tireman-Galonan Segera Dilelang

Selasa, 13 Maret 2018 | 19:03 WIB

Mobil pribadi terjebak jalan rusak di ruas Tireman-Galonan, baru-baru ini. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Proyek penataan jalur lingkar mulai Tireman hingga Galonan, Rembang, akan segera dilelang. Jalan rusak parah pada jalur tersebut akan diperbaiki pada tahun ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTaru) Kabupaten Rembang Gendro Wiyono menyebutkan, anggaran perbaikan jalan ini sebesar Rp15 miliar.

Anggaran itu berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Menurut Gendro, perbaikan akan dilakukan dengan pembetonan. Namun jalan penuh lubang ini akan diurug lebih dulu biar padat.

“RAB sudah kami susun. Tinggal nunggu lelang saja. Bulan ini (lelang),” katanya.

Asrori, warga Desa Ngotet Kecamatan Rembang mengatakan, dalam tiga hari terakhir, ada beberapa kendaraan yang terjebak kubangan jalan berlumpur. Evakuasi kendaraan pun memakan waktu lama.

“Memang DPU pernah melakukan pengurukan di bagian jalan yang berlubang. Namun hanya pada ruas Galonan hingga Ngotet, sedangkan dari depan SMP Negeri 6 Rembang ke arah timur, masih rusak parah,” katanya.

Kerusakan parah jalan lingkar Tireman-Galonan, menurut Asrori, sudah sangat meresahkan terutama bila cuaca hujan. Lalu lalang truk-truk besar memperparah kerusakan jalan sepanjang empat kilometer ini.

Bupati Rembang Abdul Hafidz pernah berjanji mengatasi kerusakan jalan lingkar pada tahun ini. Namun Bupati berencana mengalokasikan anggaran Rp25 miliar. Konstruksinya memang beton, bukan aspal.

Penanganan kerusakan jalan lingkar Galonan-Tireman tidak dilakukan sendirian oleh Pemkab Rembang, tetapi juga dikerjasamakan dengan pihak PT Semen Indonesia yang armadanya melintasi jalur ini.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan