Poster Milik Hafidz-Hanies dan Harno-Bayu Dirusak

Senin, 21 September 2020 | 18:48 WIB

Poster milik pasangan calon (paslon) Harno-Bayu maupun Hafidz-Hanies dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, setidaknya terjadi pada Ahad (20/9/2020) malam. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sejumlah poster yang memuat gambar pasangan calon (paslon) Harno-Bayu maupun Hafidz-Hanies dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, setidaknya terjadi pada Ahad (20/9/2020) malam.

Saat dimintai keterangan ihwal tersebut, Komisioner Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Rembang Amin Fauzi menyatakan, bahwa sebelum tanggal 24 September 2020 kewenangan terkait poster gambar berada di ranahnya Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) setempat.

Jika ada pelanggaran misalnya memasang gambar dengan cara dipaku pada pohon, maka Satpol PP yang akan menertibkan. Bawaslu sendiri baru
mempunyai kewenangan dalam penertiban poster milik paslon setelah tahapan penentuan nomor urut calon.

Sehingga apabila, ada kerusakan atau pengrusakan poster paslon, pihak Bawaslu juga belum bisa menindak-lanjutinya, sebab saat ini Senin (21/9/2020) belum masuk tahapan kampanye.

“Jika belum masuk waktu kampanye dan ada pelanggaran pemasangan poster belum ranah kami, kalau ada informasi tentang kerusakan gambar paslon maka kita akan cek dulu di lapangan dan belum bisa memberikan komentar dulu,” jelasnya.

Zaimul Umam Ketua tim pemenangan Hafidz-Hanies mengaku mendapatkan laporan ada pengrusakan beberapa poster milik pihaknya di Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori. Namun demikian pihaknya segera menginstruksikan kepada tim agar jangan reaktif terhadap kejadian tersebut.

Gus Umam akan segera memerintahkan timnya untuk menyelidiki siapa yang bertanggung jawab atas perusakan tersebut sehingga bisa mengambil tindakan apakah dilanjutkan dalam ranah hukum atau tidak.

“Ya kita imbau kepada tim agar jangan reaktif terhadap kejadian tersebut, tahan diri. Kita cari pelakunya dan tanya motifnya apa, jangan sampai terprovokasi,” terangnya.

Sementara itu Dumadiyono juru bicara tim pemenangan Harno-Bayu juga mengaku ada beberapa poster gambar paslon jagonya di Desa Manggar Kecamatan Sluke dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pihaknya tidak berani menuduh siapa pelakunya, sebab hingga saat sekarang dirinya belum memiliki bukti atas pengrusakan poster tersebut.

Anggota DPRD asal Kecamatan Kragan ini mengimbau agar lebih hati-hati, jangan asal menuduh dan gampang diadu domba, karena momentum Pilkada adalah momen untuk memilih pemimpin Rembang ke depan.

“Harus lebih teliti dan jangan gampang terpancing emosi, jangan sampai gampang diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan