Polres Rembang ingin Penyidikan Transparan dengan e-Penyidikan

Wednesday, 30 August 2017 | 18:48 WIB

Penyerahan hadiah lomba e-Penyidikan sekaligus silaturahmi antara polisi dan wartawan di salah satu rumah makan di Rembang, Rabu (30/8/2017). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Kepolisian Resor Rembang ingin menjamin transparansi penyidikan dengan mengoptimalkan aplikasi e-penyidikan di setiap unit reserse kriminal di polres dan polsek.

Kasatreskrim Polres Rembang AKP Ibnu Suka mengatakan, dengan e-Penyidikan masyarakat bisa mengakses perkembangan penanganan kasus mulai dari penyelidikan, penyidikan, hingga penyerahan berkas.

“Di awal-awal kita pakai e-Penyidikan, memang kami tuai hambatan dan kendala. Tetapi kami pacu tiap unit reserse kriminal baik di Polres dan Polsek melalui lomba,” katanya pada Rabu (30/8/2018).

Ia mengklaim, dengan lomba tersebut, penyidik dan penyidik pembantu menjadi rajin input data perkembangan penyidikan. Secara berurutan, Polsek Lasem, Pamotan, dan Pancur menjadi terbaik 1, 2, dan 3.

Selain Polsek, lomba juga melibatkan penyidik pada unit di Satreskrim. Melalui pacuan ini, Kasatreskrim berharap, penyidik akan terbiasa dengan e-Penyidikan; program terobosan dari Mabes Polri.

Kapolres Rembang AKBP Pungki Bhuana Santoso mengatakan, e-Penyidikan merupakan cikal bakal pelayanan prima bagi masyarakat. Ke depan, tidak akan ada lagi keluhan soal “update” penyidikan.

“Kami apresiasi Kasatreskrim. Sebab lomba penerapan e-Penyidikan yang pertama kali digelar di Rembang, kini diikuti oleh Polres lain di Jawa Tengah. Selain itu para penyidik juga jadi terlecut,” katanya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan