Polisi Ancam Tindak Tegas Pengguna Jalan Main “Game”

Kamis, 21 Juli 2016 | 16:18 WIB
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi. (Foto: Pujianto)

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Petugas polisi di Kabupaten Rembang mengancam akan menindak tegas masyarakat pengguna jalan yang kedapatan bermain “game”, terlebih apabila dilakukan sembari mengemudi.

Ancaman polisi tersebut menyusul merebaknya permainan Pokemon Go, game pertama Nintendo untuk smartphone, yang telah dirilis untuk platform Android dan iOS di Australia, Selandia Baru, Jepang, dan menyusul Amerika Serikat.

Di Indonesia, aplikasi permainan itu sudah banyak diunduh, sedangkan di Kabupaten Rembang, meskipun belum seheboh di kota besar, Pokemon Go, terpantau sudah banyak terpasang pada ponsel pintar di sebagian pengguna smartphone.

Dari penelusuran di Kabupaten Rembang, tidak hanya kawula muda yang kepincut mengunduh Pokemon Go, sejumlah pegawai negeri sipil dan petugas polisi, mulai memasang aplikasi tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi menyatakan menerima arahan dari Pimpinannya agar mengantisipasi dampak dari permainan Pokemon Go, terutama keselamatan di jalan.

“Dari Satuan Lalu Lintas Polres Rembang sendiri, kami terus memberikan imbauan agar pengemudi maupun pejalan kaki selalu fokus berkendara maupun saat sedang berjalan kaki,” ujarnya via sambungan telepon, Kamis (21/7/2016).

Menurutnya, mengoperasikan aplikasi permainan sembari berkendara atau mengemudi, berpotensi mengancam keselamatan di jalan. Pokemon Go merupakan aplikasi permainan yang disebut menantang karena memungkinkan pemain menangkap Pokemon di dunia nyata.

“Apabila fokus terabaikan (lantaran bermain game), maka pengemudi maupun pejalan kaki konsentrasinya berkurang, sehingga berpotensi mengancam keselamatan di jalan,” tandasnya kepada reporter mataairradio.

Mengenai razia atau patroli terhadap pengendara atau pengemudi yang terindikasi nekat mengoperasikan game saat berkendara atau mengemudi, Kasatlantas berjanji memberikan perhatian lebih, dengan operasi dan penindakan tegas.

“Dalam kegiatan patroli, kami akan memberikan perhatian lebih terhadap masyarakat yang sedang main game tersebut di jalan raya agar selalu mengutamakan kepentingan keselamatan,” ujar AKP Ghifar.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan