PKPI Menangi Gugatan, KPU Rembang Tak Kerepotan

Rabu, 11 April 2018 | 20:28 WIB

Logo PKPI

 

REMBANG, mataairradio.com – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Rabu (11/4/2018) pagi, memutuskan mengabulkan gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terkait putusan Bawaslu yang menolak permohonan partai yang dipimpin Hendropriyono itu sebagai peserta Pemilu 2019.

“Saya membaca berita dikabulkannya gugatan PKPI oleh PTUN dari salah satu media. KPU RI diperintahkan oleh PTUN untuk menerbitkan surat ketetapan baru yang menjadikan PKPI sebagai peserta pemilu 2019,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Minanus Suud.

Menurutnya, berita PKPI yang memenangi gugatan di PTUN, menjadi informasi awal. Selanjutnya, ia menanti keputusan KPU Pusat. Meskipun PKPI baru menyusul menjadi peserta Pemilu 2019, secara teknis, KPU di daerah tidak merasa kerepotan.

“Apalagi di Rembang, PKPI memenuhi syarat verifikasi faktual,” tandasnya.

Minanus Suud menegaskan, lolosnya PKPI sebagai peserta Pemilu 2019 tidak akan menuai hambatan dalam hal mendapatkan sosialisasi dari KPU. Pasalnya, tahapan data pemilih belum ditapaki.

KPU baru akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub, sebagai DPS Pemilu 2019, pada 19 April mendatang. Begitu pula dengan pendaftaran calon anggota legislatif, baru akan berlangsung pada tanggal 3-17 Juli 2018.

“Masih tersedia banyak waktu untuk KPU dan PKPI dalam hubungan penyelenggara dan peserta Pemilu, selagi putusan pengadilan tata usaha negara itu sudah bersifat final dan mengikat,” tandasnya.

Sekretaris Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) PKPI Rembang Teguh Saputro menyatakan akan langsung menggelar konsolidasi setelah partainya dinyatakan menang gugatan di PTUN.

“Konsolidasi ini merupakan perintah dari pengurus di tingkat provinsi dan pusat, sekaligus sebagai persiapan penjaringan Caleg,” katanya.

Warga Desa Landoh Kecamatan Sulang ini juga menyatakan bahwa di Kabupaten Rembang, PKPI menargetkan menempatkan dua orang wakil di parlemen. Masing-masing dari daerah pemilihan Sulang, Bulu, Gunem, dan dari Dapil Rembang Kota.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan