Pipa PDAM Putus Picu Longsor Tebing Sungai Babagan

Saturday, 9 December 2017 | 18:36 WIB

Pipa PDAM mengalami putus sehingga air yang keluar deras memicu longsor tebing Sungai Babagan di wilayah Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem, Sabtu (9/12/2017). (Foto: mataairradio.com)

 

LASEM, mataairradio.com – Pipa PDAM mengalami putus sehingga air yang keluar deras memicu longsor tebing Sungai Babagan di wilayah Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem, Sabtu (9/12/2017).

Berdasarkan pantauan mataairradio, tebing longsor sepanjang 50 centimeter. Sebagian badan jalan di desa setempat pun, turut termakan amblas. Kejadian tebing longsor itu sekitar pukul 10.00 WIB.

Camat Lasem Harjono mengatakan, derasnya air dari pipa induk PDAM yang putus, mengakibatkan tanah di bawah pipa dan pondasi tebing sungai menjadi lembek, dan memicu tebing longsor.

Warga langsung bergotong royong guna mengantisipasi melebarnya longsor tebing sungai dengan menempatkan sak-sak atau karung berisi tanah. Cara itu semacam dianggap efektif agar jalan desa tidak rusak.

“Soal penanganan tebing longsor, kita coba komunikasi dengan PDAM. Sebab, notabene longsor terjadi akibat putus atau bocornya pipa induk PDAM. Kami belum bisa pastikan hasilnya,” paparnya.

Pihak pemerintah kecamatan juga melaporkan kejadian ini kepada Pemerintah Kabupaten Rembang, guna dasar untuk mengambil kebijakan penanganan longsor, mengingat curah hujan tinggi.

“Mengenai anggaran yang diperlukan guna memperbaiki tebing yang longsor, kami mesti berkoordinasi dinas teknis (BPBD). Apakah dibiayai pakai dana desa atau bagaimana, menunggu koordinasi dengan PDAM,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan