Pihak Ketiga Pengisian Perangkat Desa Diminta Tidak Diekspos

Rabu, 8 November 2017 | 16:57 WIB

Logo Pemerintah Kabupaten Rembang.

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang memastikan bekerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai pihak ketiga dari desa yang menggunakan pihak ketiga dalam pengisian perangkat desa.

Namun Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang Mashadi menyatakan, semestinya tentang pihak ketiga yang digandeng oleh desa dalam pengisian perangkat desa, tidak diekspos karena khawatir dimanfaatkan oleh pihak terkait.

“Jadi, pihak ketiga mana yang panitia hubungi, sebaiknya tidak perlu diekspos, buat jaga-jaga kalau dihubungi oleh pihak-pihak tertentu yang meminta bantuan. Itu terserah panitia di desa saja,” katanya kepada mataairradio.com pada Rabu (8/11/2017) siang.

Namun meskipun mengatakan demikian, Mashadi juga menyatakan, tetap melakukan “roadshow” ke setiap kecamatan antara lain untuk memastikan; apakah panitia pengisian perangkat desa akan bekerjasama dengan pihak ketiga atau tidak menggunakan pihak ketiga.

“Kita roadshow itu, tujuan pertamanya untuk memberikan penjelasan secara lebih dekat mengenai Perbup tentang Perangkat Desa, antara sebelum dan sesudah adanya perubahan. Yang kedua terkait dengan apakah desa akan melibatkan pihak ketiga atau tidak,” terangnya.

Ia menyatakan pula, 17 desa di Kecamatan Kaliori, delapan desa di Kecamatan Rembang, serta seluruh desa di Kecamatan Sulang dan Bulu menyatakan bekerjasama dengan pihak ketiga. Kecamatan Sarang dan Kragan yang dijadwalkan roadshow hari ini, belum ada keputusan.

“Kalau memang panitia pengisian perangkat desa di desa mampu melakukan seleksi secara sendiri, silakan kalau tidak bekerjasama dengan pihak ketiga. Tetapi terhadap panitia yang ada kesulitan, kami membuka diri untuk membantu (fasilitasi pihak ketiga),” tandasnya.

Masa pendaftaran untuk seleksi pengisian perangkat desa di Kabupaten Rembang akan berakhir pada Jumat 10 November 2017. Jika jumlah pendaftar tidak mencapai dua kali kebutuhan dari jumlah kekosongan perangkat desa, maka pendaftaran bisa diperpanjang lima hari.

Namun apabila jumlah pendaftar mencukupi, maka tahapan selanjutnya adalah penelitian berkas selama satu hari pada 12 November, dan dilanjutkan pemberitahuan kelengkapan berkas pada 13 November 2017. Bagi pendaftar yang berkasnya tidak lengkap, boleh diperbaiki.

Perbaikan kelengkapan berkas disediakan waktu pada 14-18 November atau selama lima hari, sebelum kemudian dilakukan penetapan calon pada rentang waktu 19-21 November 2017, atau dalam tiga hari tersebut.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan