Petugas Kebersihan akan Dipekerjakan 24 Jam

Rabu, 27 April 2016 | 15:25 WIB
Kontainer sampah di bilangan Undaan Desa Sumberjo Kecamatan Rembang. (Foto:Pujianto)

Kontainer sampah di bilangan Undaan Desa Sumberjo Kecamatan Rembang. (Foto:Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Petugas kebersihan di Kabupaten Rembang akan dipekerjakan selama 24 jam guna mewujudkan wajah kota yang senantiasa bersih sepanjang hari.

Pemerintah Kabupaten Rembang ingin mencontoh kebersihan kota seperti di Kabupaten Pati dan Kudus, yang selalu terjaga walaupun pada sore, bahkan malam hari.

“Petugas kebersihan tidak hanya bekerja di pagi hari saja, tetapi bisa sehari tiga kali. Kalau di Pati bisa, mestinya di Rembang pun bisa,” ucap Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sebuah kesempatan, baru-baru ini.

Ia meminta kepada pihak dinas pekerjaan umum setempat untuk mewujudkan wajah kota yang bersih selama 24 jam tiap harinya dengan memacu petugas kebersihan.

“Soal bagaimana caranya terserah dari DPU, bisa saja petugas kebersihan bekerja sehari tiga kali atau penambahan tenaga,” tandas Bupati.

Kepala Bidang Kebersihan dan Drainase pada DPU Rembang Mukhammad Rokhim menyatakan siap merealisasikan keinginan Bupati antara lain dengan menerapkan sif tambahan bagi petugas kebersihan.

“Di Pati memang ada tiga sif untuk jadwal bekerja petugas kebersihan, sedangkan di Rembang baru dua sif. Kita akan lakukan seperti di Pati,” kata dia.

Namun menurutnya, dengan menjadwalkan kerja petugas kebersihan menjadi tiga sif, maka jumlah tenaga, dalam hal ini tenaga harian lepas atau THL, perlu ditambah.

“Rincian tambahan petugas sedang kami hitung kembali, supaya tidak terlalu banyak atau justru kurang. Kita sesuaikan dengan volume pekerjaan. Setelah itu kita buat telaah staf,” jelasnya.

Rokhim menyebutkan, saat ini jumlah petugas kebersihan untuk jalan-jalan protokol Kota Rembang sebanyak 33 orang. Selama ini mereka bekerja di bagi dua sif, yaitu pagi sampai siang dan siang sampai sore.

“Jika diberlakukan tiga sif, maka ada petugas kebersihan yang bertugas di malam hari,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan