Petani Karangharjo Panen Kedelai Di Kebun Tebu

Rabu, 29 Agustus 2012 | 08:42 WIB

SULANG, mataairradio.net – Ada teknologi anyar pertanian menyikapi umur tanaman tebu yang terbilang panjang. Tumpangsari kedelai dan tebu.

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Sido Luhur” Desa Karangharjo, Kecamatan Sulang, Rabu (29/8), memanen kedelai jenis Argomulyo dan Tanggamus, yang dikembangkan secara tumpangsari dengan tebu.

“Selagi belum menghasilkan tebu, tanaman tebu bisa ditumpangsari dengan tanaman lain seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan ketela rambat,” terang petugas lapangan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah, Gunawan Sejati, yang ditemui di sela-sela panen di demplot pengembangan tumpangsari tebu-kedelai di Desa Karangharjo.

Dengan tumpangsari, jelas dia, petani bisa menikmati panen tanaman samping (kedelai dan tanaman kacang-kacangan lainnya, red), sebelum mendapatkan panen tebu yang baru bisa dituai pada setahun setelah tanam.

“Produktivitas tebu juga tidak terganggu, meski ditumpangsari,” tegasnya. (Pujianto)

———-

mataairradio.net! satuspersen rembang




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan