Pernah Rekam E-KTP Tetapi KTP Reguler, Lakukan Ini!

Kamis, 8 September 2016 | 18:39 WIB
Ilustrasi E-KTP (Foto:edorusyanto.files.wordpress.com)

Ilustrasi E-KTP (Foto:edorusyanto.files.wordpress.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Rembang menyarankan kepada warga pemegang kartu tanda penduduk (KTP) reguler, agar segera menggantinya dengan elektronik KTP.

Syaratnya, menurut Kepala Dinpendukcapil Kabupaten Rembang HM Daenuri, penduduk yang bersangkutan sebelumnya harus sudah pernah melakukan perekaman data untuk E-KTP secara benar.

Penduduk di kabupaten ini, sempat pernah kembali dilayani dengan KTP reguler, ketika blanko E-KTP habis pada beberapa waktu yang lalu, dan belum menukarnya lagi dengan E-KTP ketika blanko kembali tersedia.

“Kalau pernah melakukan perekaman data, tetapi pegangnya KTP reguler, silakan datang saja ke Kantor Dinpendukcapil dengan membawa KTP itu dan difotokopi serta dilampiri kartu keluarga, maka akan kami ganti dengan E-KTP,” terangnya.

Daenuri menyebutkan, pemohon E-KTP dengan kasus semacam itu, sudah ada beberapa yang datang ke kantornya untuk mengurus pergantian tetapi jumlahnya persisnya, belum terperinci.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri menargetkan agar maksimal 30 September nanti, semua warga negara Indonesia memiliki E-KTP.

Jika melebihi batas waktu tersebut, maka penduduk yang bersangkutan terancam tidak bisa mengakses pelayanan publik yang mensyaratkan kepemilikan E-KTP.

“Kalau mengurus E-KTP setelah 30 September 2016, kantor kami masih buka dan memberikan pelayanan. Tetapi, jangan menunggu hingga usai 30 September, biar tidak kesulitan,” katanya.

Ia menambahkan, terhadap penduduk berusia renta yang belum mengantongi E-KTP, direncanakan cara khusus untuk menanganinya, antara lain dengan “jemput bola”.

“Penduduk yang sudah berusia lanjut, kita akan kumpulkan di balai desa atau kecamatan, untuk dilakukan perekaman. Tetapi perekaman bagi warga lanjut usia yang belum ber-E-KTP, belakangan,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan