Pergerakan ASN Diawasi Ketat di Masa Kampanye

Sabtu, 17 Februari 2018 | 15:38 WIB

Ilustrasi. Logo Korpri

 

REMBANG, mataairradio.com – Pergerakan aparatur sipil negara (ASN) di masa kampanye Pilgub Jateng 2018 diawasi secara ketat oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Rembang.

Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto, pengawasan ketat dilakukan pada saat ada kegiatan pasangan calon. Seperti saat pasangan Ganjar-Yasin berkunjung ke Rembang, Kamis (15/2/2018) dan Jumat (16/2/2018) kemarin.

“Panwaslu memang diberikan kewenangan untuk melakukan penindakan bila ada ASN terlibat aktif melakukan kampanye, tetapi lebih baik kami melakukan pencegahan,” katanya kepada mataairradio.

Dalam sebuah perbincangan, pria berasal dari Desa Mlawat Kecamatan Pamotan ini menegaskan, pihaknya akan selalu mengawasi setiap kegiatan kampanye Pilgub Jateng 2018 di daerah ini.

“Kami ingin agar setiap bibit pelanggaran, bisa dicegah. Kalau Panwaslu banyak melakukan penindakan, maka akan berdampak terhadap kondusivitas daerah,” katanya, Sabtu (17/2/2018) siang.

Sementara itu, agar tetap bisa mengetahui program kerja pasangan calon, ASN disarankan menyimak visi-misi dan gagasan strategis kontestan melalui publikasi di laman resmi KPU Jawa Tengah.

Netralitas ASN telah diatur dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Untuk menjamin netralitasnya, ASN dilarang menjadi anggota atau pengurus Parpol.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan