Pendaftaran Caleg, Parpol Diminta Siapkan Operator Silon

Selasa, 5 Juni 2018 | 13:05 WIB

Logo KPU.

REMBANG, mataairradio.com – Setiap partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang diminta untuk segera menyiapkan operator untuk sistem informasi pencalonan (Silon).

Operator ini diharapkan yang berpengalaman memadai soal teknologi informasi dan aplikasi. Mereka akan dibimbing secara khusus oleh KPU Kabupaten Rembang.

Bimbingan teknis bagi mereka itu dijadwalkan pada Jumat, 8 Juni 2018. Ketua KPU Rembang Minanus Suud menyebut Silon sebagai hal krusial bagi Parpol.

“Sebab jika data isian Caleg di Silon, berbeda dengan yang nanti diserahkan langsung oleh Parpol ke KPU, maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat. Parpol akan rugi sendiri,” terangnya.

KPU mengatur, pengisian Silon dilakukan selama 30 hari sebelum penutupan masa pendaftaran Caleg pada 17 Juli 2018. Pendaftaran Caleg dibuka tanggal 4 Juli 2018.

“Karena tanggal 1-3 Juli adalah masa pengumuman pendaftaran, maka saat pendaftaran dibuka tanggal 4 Juli, sinkronisasi Silon sudah akan dilakukan,” tandasnya.

KPU Rembang sudah menyosialisasikan pendaftaran Caleg dan sistem informasi pencalonan kepada Parpol peserta Pemilu 2019, Senin (4/6/2018) kemarin.

“Pada sosialisasi sore kemarin itu, kami juga sempat menyinggung gambaran Keputusan KPU RI mengenai larangan bagi eksnarapidana korupsi maju ‘nyaleg’  yang kini masih dalam rapat dengar pendapat di Komisi II DPR RI,” bebernya.

Suud menambahkan, saat mengisi Silon, ada beberapa formulir dan data-data yang mesti dilampirkan oleh seorang Caleg di berbagai tingkatan mulai DPR hingga DPRD kabupaten.

KPU RI menyatakan, dengan adanya Silon ini, penyelenggara bisa mencegah adanya data ganda peserta pemilu. Sebab, orang yang telah mendaftar dari partai tertentu, tidak bisa lagi mendaftar ke partai lain.

Penerapan Silon ini juga diharapkan bisa membangun kepercayaan publik terhadap pemilu. Alasannya, masyarakat bisa melihat langsung biodata dan rekam jejak peserta Pemilu tahun depan.

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan