Pemkab Teken MoU dengan Polres Awasi Dana Desa

Kamis, 8 Februari 2018 | 17:16 WIB

Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Bupati Abdul Hafidz pada Kamis (8/2/2018) siang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan kepolisian resor setempat dalam upaya mencegah, mengawasi, dan menangani permasalahan dana desa tahun 2018. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang pada Kamis (8/2/2018) siang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan kepolisian resor setempat dalam upaya mencegah, mengawasi, dan menangani permasalahan dana desa tahun 2018.

Penandatanganan MoU ini digelar bersamaan dengan rapat koordinasi kepala desa se-Kabupaten Rembang di Pendapa Museum Kartini Rembang. Acara yang dihadiri oleh seluruh camat dan kepala desa ini juga dalam rangka sosialisasi tentang transfer dana ke desa.

“Saya lebih suka menggunakan istilah pendampingan daripada pengawasan. Polisi akan mendampingi sejak dari perencanaan hingga pelaksanaan dana desa, agar tidak ada kepala desa yang sampai berurusan dengan hukum,” kata Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Bupati mengingatkan, dana desa semestinya dikelola untuk meningkatkan kualitas layanan publik, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan ketimpangan antardaerah. Jika dana desa dikelola secara baik, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Di desa, selain dana desa juga ada alokasi dana desa, dana bagi hasil retribusi dan pajak daerah, serta bantuan keuangan. Kades diharapkan kian cerdas dalam memanfaatkan dana desa agar masyarakat menjadi lebih sejahtera.

“Dana yang ke desa ini, pembagiannya adalah melalui dasar DAU yang diberikan kepada pemerintah kabupaten. Dana transfer setelah dipotong DAK, itu yang dibagi untuk dana desa minimal sepuluh persen,” katanya.

Pada sosialiasi tersebut, pihak BPJS Kesehatan tampak hadir. Menurut Bupati, BPJS perlu hadir agar terjalin komunikasi dengan pimpinan di tiap jenjang mengenai layanan kepesertaan. Ia tidak mau ada warga miskin sakit, tetapi tidak terjangkau layanan BPJS.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan