Pemkab Rembang Terapkan Terapi Plasma Bagi Pasien Covid-19

Sabtu, 26 Desember 2020 | 17:31 WIB

Ilustrasi. (Foto: klikdokter.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menerapkan terapi Plasma Konvalesen bagi pasien positif terpapar virus corona, lantaran dinilai bisa membawa dampak kesembuhan.

Namun demikian persyaratan pemeriksaan medis yang cukup ketat menjadi kendala bagi para pendonor.

Plasma Konvalesen merupakan plasma yang didapat dari darah seorang yang pernah terpapar Covid-19. Di dalam plasma darah seorang yang sembuh dari paparan virus corona, banyak mengandung anti-bodi, sehingga dianggap mampu menyembuhkan penderita Covid-19, apabila ditransfusikan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang Ali Syofii melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan, Muslihah menjelaskan, plasma merupakan salah satu bagian yang menyusun darah. Untuk mendapatkan plasma butuh proses yang menggunakan alat khusus.

“Untuk proses donor plasma ini memang sangat ketat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah mantan pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Yang paling bagus itu satu bulan setelah sembuh, itu anti-bodinya akan terbentuk,” terangnya.

Muslihah menambahkan, pendonor juga akan dipemeriksa kesehatannya secara total. Mulai dari pengecekan hemoglobin (Hb), tensi darah, golongan darah, hingga rapid-test.

“Bentuk plasma Konvalesen itu sendiri berwarna kuning, seperti selai nanas. Kemudian dibungkus di dalam kantong dan masih dibungkus lagi dengan plastik klip,” jelasnya.

Muslihah menambahkan untuk partisipasi masyarakat di Rembang, terkait donor Plasma Konvalesen sudah terbilang banyak.

“Kemarin ada pendonor plasma datang, akan tetapi HB-nya tinggi, jadi ditunda dulu. Ada juga yang tensinya tinggi, juga harus menunda. Syarat itu yang menjadi terlihat susah,” pungkasnya.

Masyarakat yang pernah terpapar virus Corona dan sudah sembuh, apabila ingin mendonorkan Plasma Konvalesen dapat datang langsung ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan