Pemkab Kerahkan 6.000 Personel Linmas Untuk Amankan Pilkades 2019

Senin, 21 Oktober 2019 | 19:19 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memeriksa Personel Linmas, saat Upacara Apel Pasukan, pada Senin (21/10/2019) pagi, di Halaman Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Rembang. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang mengerahkan sebanyak enam ribu personel pelindung masyarakat (Linmas) untuk menjaga ketertiban masyarakat dalam melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak, pada Rabu (6/11/2019) mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Rembang Waluyo menyebutkan, mereka nantinya akan disiagakan di masing-masing kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades.

Anggota Linmas itu nantinya akan mulai melakukan pengamanan, pada H-2 pelaksanaan Pilkades atau pada Senin (4/11/2019) sampai H+2 setelah pemungutan suara, yakni pada Jumat (8/11/2019).

Ia mengatakan, personel yang pihaknya terjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades sudah mendapatkan pelatihan dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban selama pesta demokrasi.

“Anggota inti Satlinmas ada 25 orang, akan dibagi di kecamatan. Kalau Linmas di masing-masing TPS itu dari pihak desa. Saat ini sekitar ada 3.000 TPS, sedangkan jumlah Linmas kami ada 6.000-an. Mulai diterjunkan H-2 sampai H+2. Kalau Linmas inti yang membina Satpol PP, kalau desa di desa,” terangnya.

Sementara itu, saat memberikan arahan pada Apel Pasukan, Bupati Rembang Abdul Hafidz memberi apresiasi kepada Satlinmas.

Bupati menyebut, Satlinmas selalu terlibat membantu tugas TNI dan Polri dalam melakukan giat pengamanan setiap ajang pesta demokrasi diselenggarakan. Baik itu tingkat yang paling atas hingga tingkatan yang paling bawah, yakni Pilkades.

Dia berharap, dalam pelaksanaan Pilkades nantinya tidak terjadi gangguan ketertiban masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Rembang akan terus berupaya untuk menjaga agar tetap kondusif. Saya berharap Pilkades Serantak tidak terjadi gangguan keamanan menjelang sampai dengan saat pemungutan suara nanti,” ujar Bupati.

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan